Home

Minggu, 16 Mei 2021

Meski Dilarang di Masa Pandemi, Tradisi Naik Speed Boat Masih Jalan

Personel Polres Ogan Ilir saat memberi imbauan kepada pengemudi speed boat dan perahu ketek di pangkalan perahu ketek di Desa Tanjung Agung agar tidak menarik penumpang

OGAN ILIR, - Memasuki hari ketiga Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, personel Polres Ogan Ilir tetap konsisten melakukan kegiatan pencegahan penyebaran virus Covid-19 di wilayah hukumnya.

Salah satu yang dilakukan adalah melakukan operasi penertiban dengan memberikan imbauan kepada pengemudi speed boat dan perahu ketek di pangkalan perahu ketek di Desa Tanjung Agung agar tidak menarik penumpang, karena dapat menimbulkan kerumunan.

Suhartono menambahkan, kalaupun sudah ada penumpang maka wajib menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan memakai masker.

"Apabila ada penumpang harus sesuai dengan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak dan memakai masker," ujar KA SPK Polres Ogan Ilir IPTU Suhartono yang memimpin operasi penertiban tersebut.

Seperti diketahui di momen Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah seperti saat ini, di sepanjang Sungai Ogan mulai dari Pasar Indralaya hingga Muara Meranjat akan ramai oleh warga yang menyewa speed boat untuk menelusuri sepanjang sungai tersebut.

Biasanya pengemudi speed boat akan mengemudikan kapal mereka dengan kecepatan tinggi, yang membuat penumpang yang menyewa makin merasa tertantang.

Kegiatan menyewa speed boat ini sendiri sudah menjadi tradisi dan berlangsung setiap tahun saat lebaran idul Fitri, terutama di hari kedua dan ketiga, bahkan hingga lebaran kelima Idul Fitri.

Namun sejak pandemi Covid-19 melanda dunia dan Indonesia awal tahun lalu, kegiatan naik speed boat di sepanjang Sungai Ogan tersebut dilarang karena dapat menimbulkan kerumunan. Namun meski dilarang, masih ada saja yang lolos dan menjadi tontonan warga di pinggir sungai.

Warga berharap pandemi Covid-19 ini segera berakhir, sehingga tradisi warga Ogan Ilir yang sudah berlangsung puluhan tahun setiap Hari Raya Idul Fitri naik speed boat dapat berlangsung seperti tahun-tahun sebelumnya tanpa ada larangan ataupun pembatasan. @oganilirterkini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar