Home

Kamis, 30 April 2020

Satu PDP di Ogan Ilir Meninggal Dunia, Keluhan Awal Batuk dan Sesak Napas


INDRALAYA, - Beredar luas di media sosial yang menyebutkan adanya seorang warga yang berasal dari Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir meninggal dunia Selasa (28/4/20) sore. Warga itu ternyata statusnya Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

"Ya, yang bersangkutan masuk kategori PDP (Pasien Dalam Pengawasan)", ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Ogan Ilir, Wahyudi, Rabu (29/4/20) siang.

Berdasarkan informasi yang beredar, anak dari pria itu pulang dari Jambi. Sehari setelahnya, pria berusia 49 tahun itu mengeluh batuk-batuk dan sesak nafas.

Foto : isi pesan terusan yang beredar di media sosial WhatsApp

Karena keluhan itu, ia pun akhirnya ditangani oleh bidan desa setempat. Namun, bidan tersebut hanya menangani pasien itu dengan bermodalkan masker saja, tanpa sarung tangan dan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

"Benar (informasi tersebut), warga Ogan Ilir jenis kelamin laki-laki, umur 49 tahun Kecamatan Rantau Panjang", tambahnya.

Selanjutnya, pria itu dibawa ke Rumah Sakit yang ada di Indralaya. Pria itu meninggal dunia di rumah sakit tersebut.

Karena kejadian tersebut, Gugus Tugas langsung melakukan tindakan sesuai protokoler kesehatan. Sebab beberapa orang diduga kontak langsung seperti Bidan Desa, sopir ambulans, pengantar, keluarga hingga tetangga terdekat.

"Tim Gugus Tugas akan memastikan kasus ini dan mengambil langkah antisipasi dengan melakukan tracking", jelasnya.

Sementara itu di laporan harian resmi dari Gugus Tugas di Ogan Ilir, belum ada penambahan jumlah pasien terkonfirmasi positif.

Angka jumlah kasus terkonfirmasi positif masih 4 orang. Namun hanya ada penambahan di Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 3 orang.

Dimana 1 telah selesai pengawasan, 1 masih dalam pengawasan dan 1 orang lagi meninggal dunia. Sementara untuk Orang Dalam Pantauan (ODP), sebanyak 159 orang telah selesai melewati masa pemantauan. Sisanya 31 orang, masih dalam proses pantauan. (Sumber : tribunsumsel.com) @oganilirterkini

Link sumber :
https://sumsel.tribunnews.com/2020/04/29/satu-pdp-di-ogan-ilir-meninggal-dunia-keluhan-awal-batuk-dan-sesak-napas

1 komentar:

  1. Izin konfirm min. Menurut kabar, pasien meninggal di salah satu rs di plmbang bukan di indralaya, mohon ditelusuri kebenarannya.. tks

    BalasHapus