Home

Senin, 18 Mei 2020

Tidak Ingin Jadi Ribut, Dinas Sosial Ogan Ilir Hentikan Pendataan Masyarakat Miskin Baru

Foto : Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ogan Ilir, Irawan Sulaiman menjelaskan soal masyarakat miskin baru (misbar)

OGAN ILIR, - Jumlah masyarakat miskin baru (Misbar) di Kabupaten Ogan Ilir melonjak. Sebelumnya diprediksi misbar hanya akan bertambah di angka 4 ribuan di tengah wabah Covid-19 ini.

Nyatanya data yang masuk di instansinya sebanyak 15.877 Kepala Keluarga (KK), update per 16 April 2020. Mereka tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Bumi Caram Seguguk.

"Sudah kita sampaikan ke Provinsi datanya sekitar 9 ribuan", ujar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ogan Ilir, Irawan Sulaiman, Minggu (17/5/20).

Ia mengatakan, mereka mendaftar sebagai misbar tersebut karena berbagai faktor. Satu faktor yang menjadi mayoritas, adalah terdampak wabah Covid-19.

Namun pihaknya menghentikan pendataan misbar, sehingga data terakhir hanya pada 16 April tersebut. Sebab mereka tidak ingin masyarakat berekspektasi tinggi jika pihaknya kembali membuka pendataan misbar di Kabupaten Ogan Ilir.

"Kalau umpama kita tambah atau kita ubah datanya, bantuan apa lagi kita harapkan kan tidak tau. Dari pada nanti buat ribut, orang kalau ngasihkan data mereka, wah ini kan bakal dapat bantuan. Padahal belum tentu", ucapnya.

Ia menegaskan, jika pihaknya hanya bertugas menyampaikan data kepada Pusat. Sebab bantuan terkadang langsung diberikan kepada masyarakat langsung melalui rekening atau media lain.

"Kita kadang-kadang ga tau kalau ada bantuan yang sudah cair, dan ditransfer ke masyarakat langsung. Jadi kita pemerintah daerah bersifat meneruskan data, dan menunggu kebijakan", jelasnya.

Sebelumnya pada 7 April, lebih dari 2000 Kepala Keluarga (KK) mendaftar jadi warga miskin baru di Dinas Sosial Kabupaten Ogan Ilir.

Hal itu tak lain karena Pandemi Covid-19, yang mewabah ke seluruh dunia saat ini. Banyak warga yang terdampak dari segi ekonomi, akibat lesunya pasar imbas dari wabah tersebut.

Saat itu, prediksi Dinas Sosial Ogan Ilir jumlah misbar hanya akan bertambah sampai 4000 KK. (Sumber : tribunsumsel.com) @oganilirterkini

Link sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar