Home

Kamis, 11 Juni 2020

Bupati Ogan Ilir : Desa Tangkal Diharapkan Cegah Covid-19 dan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat


OGAN ILIR, - Desa Tanjung Gelam, Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir ditetapkan sebagai Desa percontohan Kampung Tangkal Covid-19. Tujuannya agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan dan stok pangan di Desa juga aman.

Setelah peresmian Desa tangkal di Tanjung Gelam ini, Pemkab Ogan Ilir berencana akan membentuk Desa-Desa lain sebagai Desa tangkal guna disiapkan untuk menghadapi Covid-19 dalam rangka menuju New Normal.

"Ini fungsinya untuk mendeteksi siapa saja yang datang, dan mendeteksi kalau ada masyarakat yang memiliki gejala-gejala harus segera selidiki", ungkap Bupati Ogan Ilir, H.M Ilyas Panji Alam, Rabu (10/6/20).

Selain itu, lanjut Ilyas, Desa tangkal yang diprakarsai oleh Kapolda Sumsel dan Kapolres Ogan Ilir ini, dibentuk dalam rangka memutus mata rantai Covid-19 juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat karena telah disediakan upaya ketahanan pangan. "Untuk pangan saya rasa cukup dan bisa meningkatkan perekonomian", ujar Bupati.

Dijelaskan Bupati dengan kerjasama seluruh unsur lapisan, wabah Covid-19 dapat dikendalikan dan segera dihentikan penyebarannya.

"Seluruh lapisan dari pemerintah hingga TNI dan Polri sejak 3 bulan yang lalu telah bersinergi untuk melakukan penanganan virus ini, dan tren penyebarannya sudah turun", ujarnya.

Menurut data, sambung Ilyas, dari 61 pasien positif di Ogan Ilir, alhamdulillah ada 37 pasien yang sembuh dan hanya 1 yang meninggal dunia, namun belum bisa dipastikan terpapar Corona atau tidak, lantaran pasien terlebih dulu meninggal, sebelum dinyatakan positif corona. "Namun tetap dimakamkan dengan prosedur Covid-19", tandasnya.

Ilyas berharap masyarakat Ogan Ilir tetap disiplin dan mematuhi protokol Covid-19 dengan menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

"Mudah-mudahan wabah ini cepat berlalu, sehingga kita bisa menjalani aktifitas dengan normal seperti sediakala", pungkasnya. (Sumber : beritasriwijaya.co.id) @oganilirterkini

Link sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar