Home

Rabu, 03 Juni 2020

Desa di Ogan Ilir Ini Jadi Desa Tangkal Covid-19, Kapolda Sumsel Berharap Jadi Desa Percontohan

Foto : Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof. Eko Indra Heri didampingi Kapolres Ogan Ilir AKBP Imam Tarmudi, Bupati Ogan Ilir H.M Ilyas Panji Alam dan unsur Forkopimda Ogan Ilir saat mengecek langsung Desa Tanjung Gelam Kecamatan Indralaya Selatan Ogan Ilir. (sripoku.com)

OGAN ILIR, - Kapolres Ogan Ilir AKBP Imam Tarmudi mendampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol. Prof. Eko Indra Heri, meresmikan Kampung Tangkal Covid-19 Desa Tanjung Gelam Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir, Selasa (2/6/20).

Desa tersebut dinilai dapat menjadi percontohan bagi Desa lain, bagaimana cara Desa untuk menanggulangi Covid-19 dari sisi ekonomi dan pencegahan.

Prof. Eko Indra Heri melihat secara langsung kesiapan desa tersebut, bertahan di tengah Pandemi yang mewabah sampai ke level Desa. Mulai dari sisi ekonominya, sampai ke pencegahan di posko depan Desa.

"Ini yang kita harapkan karena masyarakat, dalam tanda kutip, ekonominya terganggu dalam kondisi Covid ini. Nah dari desa ini yang melakukan lerekonomian mandiri dalam bentuk menanam lele, ada tanaman di dalam ember termasuk ekonomi kreatif yg dibangun di desa ini, menjadi salah satu contoh desa lainnya agar ada ketahanan dari desa sendiri", ujarnya.

Jendral bintang dua ini berharap, agar Desa Tanjung Gelam tersebut dapat ditiru oleh Desa-Desa lain yang ada di Sumsel. Sehingga perekonomian masyarakat dan ketahanan pangan dapat tetap terjaga meskipun Pandemi masih terjadi.

"Kalau sudah demikian, dalam waktu yg tidak terlalu lama pandemi ini yang tengah kita hadapi segera hilang. Saya berharap ini jadi contoh di Sumsel", jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Ogan Ilir AKBP Imam Tarmudi mengatakan bahwa Pandemi saat ini belum bisa diprediksi kapan berakhir.

Tentu setiap pemerintahan terkecil mulai dari Desa, dapat menyusun strategi agar ketahanan pangan dan ekonomi masyarakat dapat segera bangkit.

"Alhamdulillah kita warga Ogan Ilir khususnya saya juga bangga ada kunjungan bapak Kapolda untuk mengecek secara langsung, kesiapan kita dalam menghadapi wabah yg tidak dapat diketahui kapan berakhirnya. Namun demikian ada antisiapsi yang telah kita tunjukkan yakni mengenai Kampung Tangkal Covid-19 yang digelorakan untuk dijabarkan ke seluruh daerah, melalui Desa Tanjung Gelam ini", ucapnya.

AKBP Imam Tarmudi telah menginstruksikan kepada jajaran Polsek di bawahnya, untuk melakukan hal serupa di Desa-Desa yang ada di Bumi Caram Seguguk.

Sehingga, Polri dapat menjadi stimulus bagi Desa di wilayahnya, agar dapat melakukan hal serupa dari sisi ketahanan pangan dan perekonomian.

"Mudah-mudahan ini dapat ditiru ke berbagai desa. Kita intruksikan kepada para Kapolsek agar melakukan hal yang sama di 241 Desa plus kelurahan yang ada di Ogan Ilir", jelasnya.

Setelah dari Desa Tanjung Gelam, mereka langsung menuju ke Kelurahan Timbangan, Kabupaten Ogan Ilir untuk menanam buah dan sayuran secara simbolis.

Hal itu sebagai bentuk komitmen bahwa Ogan Ilir siap untuk turut menjaga ketahanan pangan, di tengah Wabah Covid-19 seperti saat ini.

Turut hadir pula Bupati Ogan Ilir H.M Ilyas Panji Alam, Ketua DPRD Ogan Ilir Suharto, Dandim 0402/OI-OKI Letkol Zamroni, Kepala Kejari Ogan Ilir Adi Tyogunawan dan unsur Forkopimda terkait. (Sumber : sripoku.com) @oganilirterkini

Link sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar