Home

Sabtu, 20 Juni 2020

Relawan Rumah Zakat Dampingi Peternak Membuat Pupuk Kompos


OGAN ILIR, - Relawan Inspirasi Rumah Zakat di Ogan Ilir melakukan pendampingan pembuatan pupuk kompos dan pakan buatan, ke penerima manfaat (PM) Bantuan Ekonomi ternak binaan Rumah Zakat.

Kegiatan Pendampingan ini berlangsung di kandang ternak Desa Talang Balai Baru 1 Dusun 05 Rt.10 Tanjung Raja Ogan Ilir.

Kelompok ternak ini sudah lama merawat 8 ekor sapi, kotorannya kadang dapat menjadi gangguan di lingkungan masyarakat sekitar karena belum diolah dan belum termanfaatkan secara maksimal.

Padahal di Desa Berdaya Ogan Ilir ada program pertanian yang membutuhkan pupuk kandang saat masa tanamnya. Inilah yang membuat relawan berinisiatif membuat pupuk untuk pertanian dan panen limbah sisa pertanian bisa diolah, dan dimanfaatkan untuk pakan ternak.

Hingga saat ini pemanfaatan kotoran sapi bisa menjadi keuntungan untuk peternak, jika dijual bisa sampai Rp. 25 ribu per karung. Selain itu bisa menjadi pupuk pertanian sayur mayur dan tanaman lainnya, yang dimiliki peternak.

"Sebelumnya kami bingung bagaimana mengolah kotoran sapi ini agar baunya tak mengganggu warga, syukurlah sekarang dapat termanfaatkan untuk pertanian", ujar Pak Umari.

Kedepannya Relawan berharap inovasinya bisa terus di kolaborasikan secara maksimal dan terbantukan untuk peternak dan pertanian. (Sumber : palpres.com) @oganilirterkini

Link sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar