Home

Rabu, 19 Agustus 2020

Jabatan Sekda Ogan Ilir Mendadak Diganti

OGAN ILIR, - Kendati masa pensiunnya masih sekitar enam bulan lagi, namun jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ogan Ilir yang diamanahkan kepada H Herman mendadak diganti.

Jabatan bergengsi itu digantikan oleh Badrun Priyanto yang saat ini menjabat Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Ogan Ilir.

Prosesi pergantian itu berlangsung dalam suatu upacara pelantikan dan sumpah jabatan penjabat Sekda serta serahterima jabatan Sekda Ogan Ilir yang berlangsung di Gedung Caram Seguguk Pemkab Ogan Ilir Tanjung Senai, Rabu (19/8/20).

Upacara pelantikan dilakukan langsung Bupati Ogan Ilir H.M Ilyas Panji Alam disaksikan pejabat dari Forkopimda dan pejabat dilingkungan Pemkab Ogan Ilir.

Tak banyak arahan yang disampaikan Bupati Ogan Ilir hanya mengatakan, bila jabatan itu hanyalah amanah yang sewaktu-waktu bisa ditarik si pemberi amanah. Disisi lain, Ilyas mengharapkan kepada penjabat Sekda yang baru dilantik untuk konsolidasi dan selalu berkoordinasi dengan pimpinan SKPD di Pemkab Ogan Ilir.

"Kepada mantan Sekda OI H Herman, saya ucapkan terimakasih atas pengabdiannya selama ini", tutur Bupati.

Sementara itu, mantan Sekda OI H Herman mengaku sempat terkejut dengan pergantian ini. "Sehari sebelumnya, saya dapat kabar langsung dari Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ogan Ilir Yuliansyah. Memang saya sudah 5 tahun lebih menjadi sekda, jadi sudah waktu pensiun, walaupun secara aturan Februari nanti pensiun. Jadi sebutannya tidak dicopot atau di kick, tapi diganti", kata Herman.

Kendati saat ditelepon Kepala BKPSDM OI Yuliansyah agak terkejut mendengar soal penggantian tersebut, namun dirinya mengaku tetap legowo. Karena jabatan adalah amanah yang sewaktu-waktu diberi dan ditarik kembali.

"Ya, saya legowo, pergantian ini sudah sesuai dengan aturan UU ASN dan PP No 15/2017. Sudah melalui proses panjang sesuai KSN, jadi jabatan Sekda itu bisa diperpanjang atau tidak itu hak preogratif Bupati. Saat ini, golongan saya sudah IV D, mungkin ketika pensiun nanti IV E", terangnya.

Kepala BKPSDM OI melalui Kabid Mutasi, Promosi dan Penilaian Kinerja Aparatur BKPSDM OI, Maryama menambahkan jabatan sekda yang diduduki H Herman sudah habis masanya.

"Pada Februari 2021 mendatang bersangkutan memasuki masa pensiun", ujarnya. (Sumber : sriwijayamedia.com) @oganilirterkini

Link sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar