Home

Sabtu, 21 November 2020

Bawaslu Ogan Ilir Terus Melakukan Pengawasan Melekat Proses Logistik KPU

OGAN ILIR, - Sejauh ini Bawaslu Ogan Ilir sesuai dengan kewenangannya tetap melakukan pengawasan secara melekat terhadap proses logistik yang ada di KPU Ogan Ilir.

Logistik tersebut mulai dari yang diperuntukkan untuk KPU, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Dikatakan Ketua Bawaslu Ogan Ilir, Dermawan Iskandar, Proses logistik ini memang menjadi domainnya KPU untuk seluruh pengadaan terus juga spesifikasi kemudian juga penjadwalan logistik.

"Tetapi kita tetap melakukan seluruh pengawasan terhadap tahapan-tahapan logistik ini, seperti sudah masuk papan, terus juga bilik dan dalam waktu dekat ini logistik surat suara yang datang," ungkapnya.

Termasuk Sortir dan Cetak Surat Suara di Surabaya Bawaslu Ogan Ilir juga melakukan pengawasan melekat melaui Kordiv Idris, untuk memastikan bahwa memenuhi standart dan prosedur tetap sesuai aturan.

"Karena menurut kami surat suara ini sangat penting dan berpengaruh terhadap hasil pemilihan nanti," katanya.

Diketahui KPU Ogan Ilir terus mematangkan persiapan jelang Pilkada Ogan Ilir 9 Desember mendatang, Satu-persatu item logistik telah dan sedang disiapkan oleh penyelenggara Pemilu.

"Ada 60 item logistik yang harus siap dan sudah berada di TPS H-1 pencoblosan," kata Ketua KPU Ogan Ilir, Massuryati, Jumat (20/11/20).

Logistik tersebut mulai dari yang diperuntukkan untuk KPU, PPK, PPS dan KPPS.

Untuk formulir C plano berhologram, saat ini masih diproses di percetakan dan tinggal menunggu desain.

"Formulir C lain, seperti undangan, pendampingan, pemberitahuan, juga masih diproses," terang Massuryati.

Dilanjutkannya, logistik lain seperti buku panduan KPPS juga belum masuk karena PKPU untuk pemungutan dan penghitungan suara, sampai hari ini masih diproses di KPU RI.

"Jadi aturan untuk tanggal 9 Desember itu belum kami terima, masih diproses," terang Massuryati lagi.

Adapun alat pelindung diri (APD) untuk petugas TPS yakni masker, face shield dan sarung tangan, bahkan baju hazmat segera diterima KPU Ogan Ilir hari ini.

Mengenai logistik yang sudah didistribusikan ke 16 kecamatan di Ogan Ilir, yakni dua lembar papan pengumuman per TPS.

"Dengan jumlah 895 TPS di seluruh Ogan Ilir, artinya papan pengumuman itu 1.790 lembar sudah didistribusikan semua," jelas Massuryati.

Pun dengan bilik pemungutan suara juga telah didistribusikan ke seluruh kecamatan di Ogan Ilir.

"Bilik pemungutan suara masing-masing tiga bilik untuk setiap TPS, jadi total 2.685 bilik suara," papar Massuryati.

"Kalau logistik yang ada dalam kotak suara, contoh tinta, ballpoint dan formulir-formulir itu belum didistribusikan. Nanti didistribusikan berbarengan dengan kotak suara dan surat suara ke PPK masing-masing paling cepat H-4 atau H-3 sebelum tanggal 9 Desember," kata dia lagi memaparkan.

Satu lagi jenis logistik termutakhir yang akan sampai di Ogan Ilir KPU yakni surat suara yang rencananya tiba pada Sabtu (21/11/20) dinihari.

Sebanyak lebih dari 300 ribu surat suara tersebut didatangkan dari PT Temprina Media Grafika di Surabaya, Jawa Timur setelah dipesan pada 8 November lalu.

"Surat suara malam ini Insya Allah tiba di KPU Ogan Ilir. Secara teknis, tak ada kendala berarti dalam persiapan jelang Pilkada 9 Desember mendatang. Meskipun di masa pandemi, Insya Allah semua lancar," tandas Massuryati. @oganilirterkini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar