Home

Kamis, 05 November 2020

Dies Natalies ke 60, Unsri Berencana Menuju ke PTN Berbadan Hukum

PALEMBANG, - Universitas Sriwijaya (Unsri) menggelar Dies Natalies ke 60 tahun 2020 yang dipusatkan di Aula Fakultas Hukum Tower FH Unsri Bukit Besar Palembang, Selasa (3/11/20).

Hadir didalam acara tersebut antara lain Sekretaris Kemenpora RI Drs Gatot S Dewa Bravo, MBA., Staf Khusus Wakil Presiden bidang Reformasi dan Birokrasi Prof Drs H Muhammad Nasir, Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel Drs H Riza Fahlevi, Rektor Unsri Prof Dr Ir H Anies Saggaff, MSCE., Ketua Umum Yayasan Amanah Kita Hortono Halimin, dan undangan lainnya.

Rektor Unsri, Prof Dr Ir H Anies Saggaff, MSCE., menyatakan Dies Natalies sudah memasuki usia 60 tahun, tapi usia tersebut berbeda dengan usia manusia. Kalau lembaga diusia itu terbilang masih muda. Bahkan diluar ada yang usianya capai 200 tahun. Artinya baru mau meranjak.

"Kita memang Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Unsri termasuk PT yang maju dari 4.500 PTN dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). PTNnya 180 kita termasuk yang kelompok PTN Badan Layanan Umum (BLU), PTN BLU yang unggul. Beberapa kriteria PTN Berbadan Hukum (BH), PTN BLU, kalau yang tradisional yakni PTN Satker, dan kita berada yang ditengah-ditengah," katanya.

Menurut dia, BLU ini masing-masing bidang ada batasan. Misalnya PTN Satker semuanya diatur dan semua minta. Kalau PTN BLU seperti Unsri punya anak remaja, dikasih uang, aturlah sendiri, tapi sesuai sasaran.

Sedangkan untuk PTN BH yakni PTN merdeka, mencari uang sendiri, mau lebih bebas tidak ada ikatan-ikatan yang penting hidup dan bagus.

"Sudah saatnya Unsri merencanakan menuju ke PTN BH karena memiliki otonomi luas dalam hal akademik. Kenapa begitu, karena kita ada keterbatasan. Misalnya untuk mencari uang selain UKT," bebernya.

Lanjutnya, potensi harus disiapkan dahulu untuk menuju kesana. Saat ini, pihaknya masih mengandalkan UKT. Akibatnya banyak kegiatan-kegiatan yang kadang bagus, karena keterbatasan dana, tidak boleh mencari diluar dari Tridarma. Inilah yang sedang dirintis.

Dia berharap mudah-mudahan diusia yang ke 60 tahun, menjadi titik awal kita bergerak mempersiapkan ke PTN BH, dan dari segi prestasi sudah banyak dicapai. @oganilirterkini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar