Home

Selasa, 10 November 2020

Polres Ogan Ilir Gelar Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana

OGAN ILIR, - Polres Ogan Ilir gelar apel kesiapsiagaan menghadapi bencana hidrometeorologi di Lapangan Mapolres Ogan Ilir, Senin (9/11/20).

Apel kesiapsiagaan ini melibatkan gabungan unsur BPBD, Satpol PP, Damkar, SAR, TNI, Polri, PMI, Mahasiswa dan relawan.

Pada kesempatan itu, Pjs Bupati Ogan Ilir yang hadir memeriksa kesiapan personel, peralatan dan penggunaan teknologi yang akan digunakan untuk menghadapi bencana hidrometeorologi. Baik peralatan saat penanggulangan bencana maupun untuk pemulihan pascabencana. Seperti mobil, alat berat, perahu dan dapur umum.

Dikatakan Aufa, apel siapsiaga ini merupakan upaya preventif dalam menghadapi dan penanggulangan bencana.

"Sekarang ini, pola penanganan bencana sudah bergeser dari responsif ke preventif. Apa yang kita lakukan sekarang ini merupakan upaya preventif. Harapannya, penanganan bencana akan lebih mudah, lebih murah dan meminimalisir kerugian. Juga lebih mudah memetakan dan mengevaluasi jika terjadi bencana," jelasnya.

Dalam upaya kesiapsiagaan ini pula, Pjs Bupati meminta kepada seluruh OPD, lintas sektor, TNI, POLRI dan relawan untuk terus berkoordinasi terkait potensi dan kejadian bencana.

"Bencana alam di Kabupaten Ogan Ilir ini sangat sering terjadi, seperti banjir dan jalan putus. Potensi bencana itu sangat banyak, makanya koordinasi antar sektor harus lebih intens lagi," katanya. @oganilirterkini

Sumber : Polres Ogan Ilir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar