Home

Jumat, 29 Januari 2021

Gerombolan Sapi Keliaran Di Jalinsum Indralaya

OGAN ILIR, - Warga Indralaya khususnya yang beraktivitas di sekitar jalan lintas Sumatera (jalinsum) dihadapkan pada satu persoalan yang sudah lama ada.

Persoalan tersebut yakni adanya gerombolan hewan ternak yang sering berkeliaran di jalan raya.

Hewan ternak khususnya sapi ini sering berjalan bergerombol di badan jalan dan mengakibatkan kemacetan.

"Sangat mengganggu. Jalan raya seperti tempat gembala sapi," kata Suhanda, seorang warga Indralaya, Kamis (28/1/21).

Menurut pria yang sudah puluhan tahun tinggal di Indralaya ini, gerombolan sapi ini sering beredar di jalan raya hampir setiap hari.

Tidak jarang, kecelakaan terjadi akibat kendaraan menghindari atau menabrak hewan ternak ini.

"Kemarin malam ada mobil pick up nabrak buntut truk gara-gara menghindari sapi ini. Kejadiannya dekat kantor Polsek. Sebelumnya juga lumayan sering kecelakaan gara-gara hewan di jalan," ungkap Suhanda.

Suhanda berharap aparat berwenang dapat mengatasi persoalan ini agar tak terjadi kecelakaan dan bahkan menimbulkan korban jiwa.

"Sapi di sini banyak, tapi pemiliknya tidak kelihatan. Aparat harus menindak ini," kata Suhanda.

Mendapat laporan masyarakat mengenai keberadaan sapi yang mengganggu ketertiban umum di jalan raya ini, Satpol PP Ogan Ilir sedang berusaha mencari pemilik hewan ternak.

"Untuk langkah awal, kami akan berupaya secara persuasif dan akan mendatangi pemilik hewan ternak. Tentunya kami akan melibatkan kepala desa maupun lurah atau camat," Kasat Pol PP Ogan Ilir, Ahmad Fauzi saat dihubungi.

Fauzi menjelaskan, pemeliharaan hewan berkaki empat ini diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 33 Tahun 2005.

Isi pokok dari Perda tersebut yakni setiap pemilik maupun peternak harus memelihara hewan peliharaan dengan baik sehingga tidak mengganggu ketertiban dan keselamatan umum, kebersihan dan keindahan lingkungan.

Jika melanggar, pemilik maupun peternak dapat dikenakan sanksi administrasi berupa denda.

"Kami akan imbau secara kekeluargaan agar pemilik maupun peternak hewan ternak, berinisiatif untuk mengandangkan hewan ternaknya agar tidak berkeliaran di jalan raya dan mengganggu pengguna jalan," kata Fauzi. @oganilirterkini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar