Home

Selasa, 05 Januari 2021

Jelang Distribusi Vaksin, Dinkes Ogan Ilir Siapkan 125 Vaksinator

OGAN ILIR, - Ditengah mewabahnya virus corona saat ini, pemerintah pusat sedang mempersiapkan vaksin untuk didistribusikan ke daerah-daerah, termasuk di Kabupaten Ogan Ilir.

Di Ogan Ilir yang berstatus zona kuning atau masuk kategori risiko rendah penyebaran virus corona, kini sedang menunggu distribusi vaksin tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Ogan Ilir, Dr Nurharlinah mengatakan, pihaknya belum mengetahui kepastian menjemput vaksin di Palembang. Karena masih menunggu instruksi dari Dinkes Provinsi Sumsel.

"Belum tahu. Kami masih menunggu juga," kata Nurharlinah, Selasa (5/1/21).

Nurharlinah mengatakan, berdasarkan jadwal dari Dinkes Sumsel, vaksinasi secara serentak se-Sumsel akan dilaksanakan pada 14 Januari mendatang. Artinya, kemungkinan vaksin didistribusikan ke Ogan Ilir sebelum tanggal tersebut.

"Namun kami masih menunggu jadwal pasti mengenai distribusi vaksinasi ini," terang Nurharlinah.

Jika tak ada perubahan, rencananya Ogan Ilir akan mendapatkan 2.328 dosis vaksin. Jumlah dosis vaksin ini bisa saja berubah, sesuai kebutuhan.

Jika sudah tiba di Ogan Ilir, kata dia, ribuan dosis vaksin ini akan diinjeksikan ke tenaga kesehatan ataupun sumber daya kesehatan.

"Ini untuk tahap pertama vaksinasi. Mengenai jumlah nakes dan sumber daya kesehatan, nanti datanya menyusul ya," tuturnya.

Nurharlinah menegaskan, pihaknya beserta jajaran di Dinkes Ogan Ilir siap disuntik vaksin Covid-19. Bahkan dirinya mengklaim telah menerima pesan singkat atau SMS sebagai orang yang akan disuntik dan telah melakukan registrasi.

Selain persiapan teknis jelang distribusi vaksin Covid-19 dari Dinkes Sumsel, pihaknya juga sedang mempersiapkan vaksinator atau orang yang akan menyuntikkan vaksin.

"Ada sekitar 125 vaksinator yang disiapkan dan mereka akan mengikuti pelatihan terlebih dahulu. Ke-125 orang itu merupakan dokter, perawat dan bidan yang berasal dari 25 puskesmas yang tersebar di seluruh Ogan Ilir," jelasnya. @oganilirterkini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar