Home

Rabu, 04 Agustus 2021

BEM Unsri Tuntut Pengurangan UKT !

OGAN ILIR, - Ratusan mahasiswa yang tergabung dari berbagai Fakultas di Universitas Sriwijaya, Rabu (4/8/21) nekad menggelar aksi demo di depan Gedung Rektorat guna menyampaikan aspirasinya menuntut Rektor Unsri untuk melakukan pengurangan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Pasalnya di masa pandemi corona, pendapatan masyarakat menjadi menurun.

Dari berbagai poster yang di bawa oleh sebagian mahasiswa yang bertuliskan "Uang Kuliah Tunggal, Uang Kuliah Tinggi dengan hashteg #UKT Merakyat, #Ganyang Rektorat" dan baliho yang di tempel di mobil komando dengan tulisan "Kuliah di balik layar UKT full bayar".

Aksi demo ini di awali dengan berkumpul dari terminal Unsri selanjutnya berjalan long march ke Gedung Rektorat sekitar pukul 11.00 WIB.

Dari orasi salah seorang mahasiswi Fakultas Ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam, Semester 7, Syarifah mengatakan, pihaknya menuntut kepada Rektor Unsri Prof.Dr. Ir. H Anis Saggaff, MSCE agar memberikan keringanan dan pengurangan UKT yang dinilai sangat memberatkan dimasa pandemi virus corona apalagi sekarang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarkat (PPKM) yang mengakibatkan sektor ekonomi masyarakat lumpuh.

"Adapun tuntutan kami pertama Perpanjangan masa pembayaran dan pengajuan keringanan UKT, kedua menurunkan UKT bagi mahasiswa yang mengajukan penurunan karena terdampak pandemi untuk semester ganjil 2021, ketiga kompensasi UKT bagi seluruh mahasiswa Unsri. Pendapatan orang tua kami menurun di masa pandemi ini, kantung kempis, kuliah hanya online mau bayaran UKT full. Kami meminta kebijakan Rektor lah bagaimana agar UKT turun jangan memberatkan. Kita berharap Rektor Unsri dapat mengabulkan pihak tuntutan kami," teriaknya.

Dikatakan Deny, salah seorang perwakilan BEM Unsri demo tersebut adalah bentuk tindak lanjut dari mahasiswa Unsri karena sebelumnya tidak mendapatkan hasil apapun ketika dilakukan Audensi dengan pihak rektorat.

"Kita sudah lakukan audensi namun kami nilai tidak mendapatkan hasil yang kami harapkan, kita tahu bersama masa pandemi sekarang ekonomi sangat susah. Banyak dari mahasiswa keberatan jika harus membayar UKT secara normal. Demo ini diikuti ratusan mahasiswa dari seluruh fakultas. Kami meminta agar pihak Rektorat bijak dan mengabulkan permohonan kami," tegasnya. @oganilirterkini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar