Home

Rabu, 30 Maret 2022

19 Anak Ikuti Operasi Bibir Sumbing Gratis yang Digelar Oleh Pemkab Ogan Ilir

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar saat meninjau langsung bakti sosial operasi bibir sumbing gratis, yang digelar Pemkab Ogan Ilir bekerjasama dengan dengan Yayasan Ummi Romlah dan RS dr Muhammad Hoesin di RSUD Ogan Ilir

OGAN ILIR, - Sebanyak 19 anak mengikuti operasi bibir sumbing dan celah langit gratis, yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir bekerjasama dengan Yayasan Ummi Romlah dan RS dr Muhammad Hoesin di RSUD Ogan Ilir, Rabu (30/3/22).

Hadir langsung dalam kegiatan bakti sosial ini Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar. Dalam sambutannya, Panca mengatakan sangat terbantu dengan kegiatan operasi gratis bagi anak-anak yang menderita bibir sumbing ini. Pasalnya, biaya yang harus dikeluarkan untuk operasi bibir sumbing ini tidaklah sedikit.

"Kalau untuk sumbing ringan bisa mencapai Rp.20 jutaan, bayangkan saja kalau ada anak yang menderita sumbing agak berat bisa mencapai Rp 80 jutaan," ungkap Panca didampingi Sekda Ogan Ilir, Muhsin Abdullah dan Dirut RSUD Ogan Ilir, Hj Siska Susanti.

Untuk itu, ke depan Pemkab Ogan Ilir berencana akan menganggarkan dana khusus kegiatan operasi bibir sumbing setiap tahunnya. Paling tidak, 10 anak setiap tahunnya bisa dicover melalui APBD untuk dilakukan operasi gratis.

"Kepada Dinas Kesehatan, saya minta nanti setelah ini data berapa jumlah anak penderita bibir sumbing. Nanti kita akan lakukan lagi kegiatan operasi gratis, melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Ogan Ilir," terangnya.

Sementara itu, Dokter Ahli Bedah Plastik Rekonstruksi Stetik Kranio Maksino Vaksial, Iqmal Perlianta SPbp-RE-K Spasial yang mengoperasi anak-anak tersebut mengatakan, penyebab dari bibir sumbing adalah terkait asupan gizi yang dikonsumsi para ibu hamil.

"Untuk itu harus diperhatikan oleh para ibu hamil, jangan sembarangan mengkonsumsi obat," terang Iqmal.

Dimana berdasarkan pengalamannya, banyak penderita bibir sumbing berasal dari warga tak mampu.

"Insha Allah kami akan terus melayani masyarakat dengan peralatan terbaik, dokter berkompeten. Untuk data calon pasien, tentunya perlu bantuan dari Pemda maupun Dinkes setempat," ungkapnya.

Ditambahkannya, bakti sosial operasi bibir sumbing gratis ini sudah berlangsung sejak tahun 2012. Hingga saat ini, Yayasan Ummi Romlah sudah berhasil mengoperasi sedikitnya 2.930 anak. oganilirterkini.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar