Home

Selasa, 01 Maret 2022

Pencairan BPNT Timbulkan Konflik Baru di Kabupaten Ogan Ilir

Proses pencairan BPNT di Kantor Pos Indralaya

OGAN ILIR, - Pencairan Bantuan Sosial berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial RI berupa uang, menimbulkan konflik baru di Kabupaten Ogan Ilir.

Pasalnya ada beberapa nama yang sebelumnya menerima bantuan ini, tahun ini tiba-tiba tak mendapatkan lagi.

Ini seperti yang terjadi di Kecamatan Tanjung Raja. Menurut keterangan dari beberapa Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Tanjung Raja, puluhan warganya mengaku tidak mendapatkan undangan dari Kantor Cabang Pembantu Tanjung Raja untuk pencairan BPNT.

Akibatnya, warga pun menyalahkan Kades terkait permasalahan tersebut.

"Separuh dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di desa kami, tidak mendapat undangan dari Kemensos RI untuk pencairan BPNT di Kantor Pos. Kami bingung dan pusing, warga menyalahkan kami menghapus nama mereka untuk mendapat bantuan," ujar sang Kades yang namanya minta dirahasiakan.

Menyikapi persoalan tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ogan Ilir, M Kapidin, mengaku tidak tahu menahu permasalahan ini. Pasalnya, pihak PT Pos Indonesia tidak berkoordinasi dengan Pemkab Ogan Ilir dalam hal ini Dinsos Kabupaten Ogan Ilir.

"Dari empat Kantor Pos yang ada di Ogan Ilir ini, hanya Kantor Pos Indralaya yang berkoordinasi, itu pun setelah diminta dan mereka datang ke kantor," ujar mantan Kepala Dinas Humas dan Protokol ini, Senin (28/2/22).

Untuk itu, Kadinsos pun tidak mengetahui secara pasti kuota KPM di Ogan Ilir yang menerima BPNT pada tahun ini. Adapun langkah yang dilakukan Dinsos untuk mengetahui kuota KPM BPNT, Kapidin lantas memerintahkan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) untuk memantau langsung ke seluruh Kantor Pos Cabang Pembantu.

"Saya juga tidak tahu pihak Kementerian memakai data yang mana, untuk mencairkan dana ini. Karena informasi di lapangan, seperti di Tanjung Raja ini, banyak warga yang tidak menerima BPNT lagi," tukasnya. oganilirterkini.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar