Home

Rabu, 03 Mei 2023

Banjir Setinggi Pinggang Orang Dewasa Rendam Pemukiman Warga di Ogan Ilir, Dampak Luapan Sungai Ogan

Luapan Sungai Ogan pada Selasa (2/5/2023) petang mengakibatkan desa-desa di Kecamatan Muara Kuang dan Rambang Kuang, Kabupaten Ogan Ilir terendam banjir. Luapan banjir mencapai ketinggian sepinggang orang dewasa di Desa Kuang Dalam, Kecamatan Rambang Kuang. (Sumber : sripoku.com)

OGAN ILIR, - Luapan Sungai Ogan pada Selasa (2/5/2023) petang mengakibatkan desa-desa di Kecamatan Muara Kuang dan Rambang Kuang, Kabupaten Ogan Ilir terendam banjir.

Luapam banjir cukup tinggi. Seperti terjadi di Desa Desa Kuang Dalam, Kecamatan Rambang Kuang, ketinggian air yang merendam pemukiman warga di pinggiran sungai mencapai setinggi pinggang orang dewasa.

Menurut keterangan warga, banjir diakibatkan luapan Sungai Ogan dan air mulai naik pada Selasa (2/5/2023) petang.

"Ini banjir siklus lima tahunan lebih. Padahal tidak hujan, tapi air pasang dan merendam rumah di pinggiran sungai," kata Saipudin, warga Kuang Dalam, Rabu (3/5/2023).

Diungkapkan, warga yang rumahnya terendam banjir terpaksa mengungsi ke rumah kerabat.

Banjir setinggi lutut orang dewasa juga merendam jalanan desa dan menghambat aktivitas warga yang sebagian besar bekerja sebagai petani karet.

"Kasihan terutama warga yang punya rumah gubuk karena terancam roboh gara-gara banjir ini," ungkap Saipudin.

Di Kecamatan Muara Kuang, banjir merendam pemukiman warga di Desa Kuang Anyar.

Meluapnya Sungai Ogan juga membuat jalan di Kuang Anyar terancam semakin ambles.

BPBD dan Polsek Muara Kuang kini sedang mendata jumlah kepala keluarga yang terdampak banjir di desa dua kecamatan tersebut.

"Kami sedang melakukan pendataan. Kabarnya Wakil Bupati Ogan Ilir Bapak Ardani juga mau meninjau banjir," kata Kapolsek Muara Kuang, Iptu Alimin. oganilirterkini.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar