Home

Kamis, 22 Juni 2023

Diperiksa Sebagai Saksi Korupsi Dana Hibah Pilkada OI 2020, Ini Penjelasan Mantan Ketua DPRD

Diperiksa Kejari Ogan Ilir kasus dana hibah Pilkada OI 2020, mantan Ketua DPRD OI Endang PU Ishak mengaku telah memenuhi seluruh permintaan keterangan penyidik, Rabu (21/6/2023). (Sumber : tribunsumsel.com)

OGAN ILIR, - Mantan Ketua DPRD Ogan Ilir, Endang PU Ishak menjalani pemeriksaan sebagai saksi pada kasus korupsi dana hibah Pilkada 2020 pada Bawaslu Ogan Ilir.

Usai diperiksa Kejari Ogan Ilir selama dua jam lebih pada kasus dana hibah Pilkada OI 2020, Endang mengaku telah memenuhi seluruh permintaan keterangan penyidik.

"Penyidik nanya proses penganggaran dana hibah. Sudah kami jawab bahwa penganggaran itu tentu ada proses pembahasan dan juga ada pengesahan," kata Endang di kantor Kejari Ogan Ilir, Indralaya, Rabu (21/6/2023).

Endang tak memungkiri dirinya sempat terlibat dalam pembahasan RAPBD 2020, yang diantaranya mengenai alokasi dana hibah tersebut.

Namun menurut Endang, APBD Ogan Ilir 2020 disahkan pada November 2019, atau setelah dirinya tak lagi menjabat Ketua DPRD Ogan Ilir terhitung tanggal 18 September 2019.

"Artinya jelas bahwa yang mengesahkan itu adalah Ketua DPRD Ogan Ilir periode 2019-2024. Bukan pada waktu kepemimpinan Endang PU Ishak," jelasnya.

Sementara Kasi Intelijen Kejari Ogan Ilir, Ario Apriyanto Gopar mengatakan, korupsi dana hibah tersebut dilakukan oleh enam tersangka dari Bawaslu Ogan Ilir.

"Saksi selaku mantan Ketua DPRD Ogan Ilir diperiksa untuk kelengkapan berkas tiga dari enam tersangka," kata Ario.

Adapun tiga tersangka yang dimaksud Ario yakni Dermawan Iskandar, Idris dan Karlina yang resmi ditetapkan tersangka pada pengujung Mei lalu.

Menurut Ario, Kejari Ogan Ilir akan kembali memanggil seluruh saksi perkara korupsi dana hibah tersebut.

Pemanggilan saksi-saksi menyusul penetapan tiga tersangka baru terhadap tiga komisioner Bawaslu Ogan Ilir.

"Karena ada tersangka baru tiga orang, jadi semua saksi 54 orang itu dipanggil lagi semua," terang Ario. oganilirterkini.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar