Home

Rabu, 19 Juli 2023

Beres Uji Laik Fungsi, Jalan Tol Indralaya-Prabumulih 64,5 Km Segera Beroperasi

Ruas jalan Tol Indralaya-Prabumulih. (Foto : Kementerian PUPR)

JAKARTA, - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menggenjot penyelesaian pembangunan Jalan Tol Indralaya-Prabumulih.

Saat ini, progresnya sudah mencapai 98,86% dan diproyeksikan akan segera dapat dioperasikan.

Dilansir dari akun instagram resmi Kementerian PUPR, @kemenpupr, Senin (17/7/2023), tol sepanjang 64,5 Km ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatra di Sumatera Selatan.

Jalan tol ini melewati Kota Palembang, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Muara Enim, dan Kota Prabumulih.

"Saat ini progres konstruksinya sudah mencapai 98,86% dan segera dapat dioperasikan," tulis Kementerian PUPR.

Hal ini sejalan dengan telah dilakukannya uji laik fungsi pada bulan Juni lalu. Adapun uji ini dilakukan untuk memastikan aspek keselamatan, manajemen lalu lintas, sarana jalan, dan bangunan pelengkap.

Sementara itu, lingkup pemeriksaan meliputi mainroad STA 0+000-STA 64+500 dan On Ramp menuju arah Muara Enim pada jalur A, dan mainroad STA 64+500-STA 0+000 dan Of Ramp dari arah Muara Enim pada jalur B.

Sebagai tambahan informasi, Jalan Tol Indralaya-Prabumulih dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero) selaku Badan Usaha jalan Tol (BUJT).

Jalan tol ini sebelumnya telah dioperasikan secara fungsional dalam momentum Lebaran 2023.

Jalan tol ini memiliki kecepatan rencana 100 Km/Jam. Jika rampung nantinya, diperkirakan hanya membutuhkan waktu 1 (satu) jam dari Palembang menuju Prabumulih.

Tol ini juga dilengkapi 2 Simpang Susun, 8 overpass, 18 jembatan, 10 Box Underpass, 2 Box Overpass, 22 Box Pedestrian, 1 Gerbang Tol, dan 1 pasang Rest Area Tipe A. oganilirterkini.co.id

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul : Beres Uji Laik Fungsi, Jalan Tol Indralaya-Prabumulih 64,5 Km Segera Beroperasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar