Home

Minggu, 02 Juli 2023

Tol Prabumulih-Indralaya Segera Beroparasi, 6 Juli 2023 Rencananya Diresmikan Presiden Jokowi

Gerbang Tol Prabumulih. (Sumber : prabumulihpos.co.id)

PRABUMULIH, - Tol Prabumulih-Indralaya akan segera dioperasikan. Bahkan informasinya pada 6 Juli 2023 mendatang akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Peresmian tol ini dilakukan, setelah PT Hutama Karya (Persero) berhasil menyelesaikan uji laik fungsi (ULF) pada Jalan Tol sepanjang 64,5 km tersebut.

Seperti diketahui sebelumnya, uji laik fungsi dilakukan selama 2 hari, yakni pada Senin 19 Juni 2023 hingga Selasa 20 Juni 2023.

Peresmian jalan tol ini, bersamaan dengan kedatangan Jokowi ke Banyuasin, untuk menghadiri acara Hari Keluarga Nasional (Hargnas) pada 4 hingga 6 Juli 2023.

Seperti diketahui, jalan tol Indralaya-Prabumulih pernah difungsikan pada saat libur Idul Fitri 2023 untuk mengurangi kepadatan kendaraan pada arus mudik dan balik.

Selama periode tersebut, lebih dari 43.000 kendaraan berhasil melintasi jalan tol ini, baik saat arus mudik maupun arus balik.

Jalan tol ini, menawarkan pengalaman perjalanan yang lancar dan cepat bagi masyarakat.

Waktu tempuh dari Palembang ke Prabumulih atau sebaliknya kini hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam, dengan kecepatan maksimum kendaraan mencapai 100 km/jam.

Pembukaan Resmi oleh Presiden Jokowi pada 6 Juli 2023 ULF merupakan ujian untuk mengevaluasi spesifikasi teknis.

Serta persyaratan jalan tol guna memastikan standar manajemen dan keselamatan lalu lintas terpenuhi.

Kegiatan evaluasi ini melibatkan berbagai instansi, termasuk Badan Pengatur Jalan Tol, Bina Marga, Korlantas, BBPJN Sumsel, dan institusi lainnya.

Tim yang terlibat dalam kegiatan ini terdiri dari tiga subtim, yaitu Bidang Keselamatan dan Manajemen Lalu Lintas, Bidang Sarana Jalan, Jembatan, dan Bangunan Pendukung, serta Bidang Operasi dan Administrasi.

Tjahjo Purnomo, Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, menjelaskan bahwa setelah ULF berhasil dilaksanakan, Jalan Tol Indralaya-Prabumulih dapat segera operasional.

"Kami memperkirakan Sertifikat Laik Operasi (SLO) dapat terbit pada akhir bulan Juni," ungkapnya dikutip dari bacakoran.co, Sabtu 24 Juni 2023.

Harapannya, dengan beroperasinya jalan tol ini, perjalanan masyarakat dapat lebih singkat dan mobilitas barang dan jasa menjadi lebih mudah.

Menyambut Era Perjalanan Cepat! Jalan Tol Indralaya-Prabumulih melintasi wilayah Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Muara Enim, dan Kota Prabumulih.

Jalan Tol Indralaya-Prabumulih memiliki rencana kecepatan 100 km/jam, dan perkiraan waktu tempuh dari Palembang menuju Prabumulih hanya sekitar 1 jam.

Jalan tol ini lengkap dengan 2 Simpang Susun, 8 overpass, 18 jembatan, 10 Box Underpass, 2 Box Overpass, 22 Box Pedestrian, 1 Gerbang Tol, dan 1 pasang Rest Area Tipe A.

Dengan selesainya uji laik fungsi ini, masyarakat  segera dapat menikmati manfaat dari Jalan Tol Indralaya-Prabumulih.

Hal ini akan membantu mempercepat mobilitas dan memudahkan akses transportasi antara Palembang dan Prabumulih.

Selain itu, tol Kapal Betung, juga akan mulai dioperasikan pada  6 Juli 2023.

Ruas tol yang akan dioperasikan adalah ruas Musi Landas menuju Pangkalan Balai. Operasional tol ini, berbarengan dengan perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 di Banyuasin.

"Bismillah, saat Harganas nanti Jalan Tol Kapal Betung di Banyuasin bisa pengguna lalui," kata Bupati Banyuasin, Askolani SH MH, dikutip dari sumateraekspres.id.

Ia menjelaskan, tol tersebut akan beroperasi fungsional saja. Maka tol itu bisa pengguna lalui secara gratis.

Setelah beroperasi secara penuh, jarak dari Palembang ke Pangkalan Balai hanya akan memakan waktu sekitar 25 menit.

Askolani sendiri telah mencoba Jalan Tol Kapal Betung yang terletak di Pangkalan Balai-Musi Landas bersama dengan pihak terkait lainnya.

"Saya sudah mencobanya dan sebagian besar jalan sudah siap pengguna lalui," ungkapnya.

Meskipun masih ada beberapa titik jalan yang sedang dalam pembangunan.

Namun hal tersebut tidak menjadi masalah, dan secara keseluruhan Jalan Tol Kapal Betung di wilayah Kabupaten Banyuasin sudah dapat berfungsional dengan baik.

Askolani berharap agar pihak Waskita Sriwijaya dapat segera menyelesaikan pembangunan pintu keluar (exit) tol.

Baik di Musi Landas maupun di Pangkalan Balai, dengan begitu saat Tol yang menjadi bagian dari Tol Kapal Betung itu dibuka jalan menjadi lancar.

Saat ini, pembangunan exit tol di kedua lokasi tersebut masih dalam proses untuk segera kelar.

"Kami akan melakukan pengecekan lagi untuk memastikan exit tol dapat fungsional pada acara Harganas," tambahnya. oganilirterkini.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar