Home

Sabtu, 02 September 2023

Setelah Resmi Dibuka, Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Beroperasi 24 Jam dan Gratis

Ruas Jalan Tol Indralaya-Prabumulih sudah dibuka, namun mobilitas kendaraan belum begitu banyak. (Sumber : oganilir.co)

OGAN ILIR, - Uji coba ruas jalan Tol Indralaya-Prabumulih sudah mulai dibuka  alias beroperasi hari Rabu 30 Agustus 2023, secara gratis alias non tarif sampai batas yang belum ditentukan, namun ternyata ada sebagian masyarakat masih menanyakan jam operasionalnya.

Sebab ketika menyambut lebaran Idul Fitri 1444 H untuk melayani arus mudik dan balik, PT Hutama Karya (Persero) memberlakukan jam operasinya, dimana pada malam hari ruas Tol Indralaya-Prabumulih ditutup.

Namun uji coba ruas jalan tol Indralaya-Prabumulih kali ini berlaku selama 24 jam.

"Memang pada saat lebaran tadi menyambut arus mudik dan balik lebaran, ruas jalan tol Indralaya-Prabumulih sifatnya difungsionalkan, karena belum selesai 100 persen, sehingga jam operasional dibatasi, namun saat ini ruas jalan Tol Indralaya-Prabumulih sudah selesai 100 persen, maka jam operasionalnya berlaku selama 24 jam," kata Branch Manager Ruas Tol Palembang-Indralaya-Prabumulih PT Hutama Karya (Persero), Syamsul Rizal.

Dan untuk memberikan pelayanan rasa aman dan nyaman melintasi ruas tol Indralaya-Prabumulih kata Syamsul Rizal, pihaknya menyiapkan 27 kendaraan operasional dan sebanyak 182 personil disiagakan mulai dari perosnil HK, PJR dan Paramedis.

Seperti diketahui, pada Rabu 30 Agustus 2023 hingga batas waktu yang belum ditentukan, Ruas Jalan Tol Indralaya-Prabumulih mulai dibuka untuk semua jenis kendaraan roda empat atau lebih, selama 24 jam, kecuali untuk kendaraan roda tiga dan dua tidak boleh melintas di jalan Tol.

"Ya, hari Rabu 30 Agustus 2023 Ruas Jalan Tol Indralaya-Prabumulih sudah mulai beroperasi mulai pukul 08.00 Wib, dan tidak dikenai tarif untuk sementara ini," kata Branch Manager Ruas Tol Palembang-Indralaya-Prabumulih PT Hutama Karya (Persero), Syamsul Rizal.

Menurut Syamsul Rizal, ruas Jalan Tol Indralaya-Prabumulih atau disingkat Indraprabu membentang sepanjang 64,5 km. Pengerjaannya pembangunan dimulai sejak tahun 2019 dan kini sudah dinyatakan beres 100 persen.

"Dengan beroperasi ruas jalan Tol Indraprabu , maka perjalanan yang selama ini dari Palembang ke Prabumulih dengan melalui jalan lintas tengan (Jalinteng) yang memakan waktu 2 jam, maka melalui Jalan Tol  Palembang-Prabumulih cukup 45 menit saja," katanya.

Syamsul Rizal sendiri belum bisa memastikan sampai kapan Ruas Jalan Tol Indralaya-Prabumulih ini tanpa tarif.

"Untuk menentukan ketentuan tarif, kami masih menunggu dari Kementrian PU, makanya saya belum bisa memastikan sampai kapan Tol Indralaya-Prabumulih tanpa tarif alias gratis ini, yang pasti saat ini kita masih ujicobakan dulu, sambil menunggu Kepmen tarif," jelasnya.

Begitu juga soal kapan Ruas Jalan Tol Indralaya-Prabumulih ini diresmikan, pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut.

"Awalnya ruas jalan Tol Indralaya-Prabumulih akan diresmikan saat kunjungan Bapak Wakil Presiden RI ke Banyuasin, yang semestinya Bapak Presdien RI, namun akhirnya di cansel, namun informasi terbaru dijadwalnya peresmian pada bulan Sepetmber ini, tapi tanggal kepastian belum tahu juga," lanjut Syamsul Rizal.

Masih soal Tarif Tol, bila nantinya Kepmen Tarif sudah keluar, maka jalan Tol Indralaya-Prabumulih sama dengan Tol lainnya akan menerapkan sistem transaksi tertutup.

Dimana pembayaran akan berlangsung oleh pengendara saat keluar dari gerbang tol yang sesuai dengan tujuan pengendara.

Masih kata Syamsul Rizal, untuk Tol Indralaya Prabumulih lengkap dengan dua rest area tipe A, yaitu di KM 56 jalur A dan B dengan luas mencapai 12 hektar.

Selain itu lanjutnya, terdapat dua simpang susun di Indralaya dan Prabumulih, serta penerangan jalan umum (PJU), fasilitas pujasera, plaza, toilet, SPBU, dan masjid dua lantai.

"Nah soal penerangan jalan umum (PJU) perlu diketahui untuk Ruas Tol Indralaya-Prabumulih, tidak sama dengan Ruas Tol Palembang-Indralaya (Palindra), Kalau Ruas Tol Palindra kalau pada malam hari terang benderang, karena berada dalam kota, sedangkan Ruas Tol Indralaya-Prabumilih hanya titik tertentu yang ada PJU, karena Ruas Tol ini masuh katagori luar daerah," tukasnya.

Sementara pembukaan hari pertama uji coba ruas Tol Indralaya-Prabumulih, mobilitas  kendaraan belum begitu banyak, bahkan dalam hitungan menit masih bisa dihitung dengan jari. oganilirterkini.co.id

Artikel ini telah tayang di oganilir.co dengan judul : Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Beroperasi 24 Jam dan Gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar