Home

Sabtu, 18 November 2023

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Terima Arahan Mendagri Terkait Netralitas ASN Ditahun Politik

PALEMBANG, - Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni mengikuti secara virtual Pengarahan Menteri Dalam Negeri kepada Penjabat Kepala Daerah Se-Indonesia dalam rangka Menjamin Netralitas ASN dalam Menghadapi Tahun Politik, bertempat di Griya Agung Palembang, Jum'at (17/11/2023).

"Penjabat Kepala Daerah adalah jabatan yang memiliki sumber daya yang kuat, jadi rekan - rekan sangat berpengaruh dalam kontestasi politik. Yang perlu dipahami ialah Pegawai ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi dari semua golongan partai politik", ucap Tito.

Dilanjutkannya bahwa Pj Bupati/Walikota dan Pj Gubernur tidak boleh memberikan dukungan kepada calon presiden, calon gubernur, calon DPRD dan calon - calon lainnya, serta tidak boleh berkampanye terkait hal tersebut.

Selain itu, Ia juga meminta kepada semua penjabat untuk memastikan betul bahwa seluruh staf ASN yang berada pada lingkungan pemerintahan dapat benar - benar bersikap netral dan tidak mengkampanyekan Pasangan Calon yang mengikuti kontestasi politik.

Dalam konteks keamanan Tito meminta agar Para Penjabat Kepala Daerah dapat mengambil langkah - langkah pencegahan agar konflik - konflik yang nantinya terjadi tidak menjadi konflik yang saling menghancurkan dan anarkis.

"Rekan - rekan juga harus berhati hati dalam menghadiri acara. Saya ingatkan bahwa dalam berpose saat berfoto untuk tidak menggunakan jari - jari yang bisa dipakai oleh partai politik untuk kepentingan mereka yang seolah - olah dibuat mendukung paslon mereka. Situasi sensitif seperti ini, tolong rekan - rekan untuk dapat berhati - hati dan sebisa mungkin menghindari framing - framing para petugas partai untuk kepentingan politik mereka", tegas Tito.

Sementara itu, Agus Fatoni sesaat setelah usai mendengarkan arahan Mendagri, menghimbau para pejabat yang mendampingi dirinya untuk menjaga betul sikap dan perilaku netralitas ditengah kondisi politik saat ini.

"Saya minta bapak/ibu agar tetap menjaga sikap netralitasnya dan tolong diingatkan betul untuk stafnya agar bersikap netral dan berhati - hati, jangan sampai kita terlihat seperti mendukung salah satu pasangan calon", ucap Fatoni. oganilirterkini.co.id

Sumber : Dinas Kominfo Pemprov. Sumsel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar