Home

Jumat, 29 Maret 2024

Harga Duku Anjlok, Petani Ogan Ilir Biarkan Buah Busuk di Pohon

Petani duku di Ogan Ilir. (Sumber : detik.com)

OGAN ILIR, - Dikutip dari situs detik.com , Petani duku di Desa Rantau Alai mengeluhkan harga duku yang saat ini anjlok. Harga duku saat ini Rp.3.000 per kilogram.

Maka dari itu, mereka memilih membiarkan duku busuk di pohon daripada menjualnya. Menurut salah seorang petani, Irvan (29th), anjloknya harga duku karena banyaknya petani yang melakukan panen serentak.

"Harga duku sekarang ini per kilogram Rp.3.000. Jika kami jual maka kami akan rugi Pak, karena saat panen membutuhkan tenaga, karung dan upah angkut. Sedangkan harga panen tak sebanding dengan upah panen. Kami biarkan aja dulu di pohon," kata Irvan, Rabu (27/3/2024).

Irvan mengaku memiliki 50 pohon duku. Jika panen bisa mencapai ratusan kilogram. Namun karena harganya murah, ia memilih membiarkan dukunya di pohon.

"Jika dilakukan panen di kebun kami bisa ratusan kilo. Namun karena harga tak sebanding kami biarkan saja. Paling-paling kami ambil untuk keluarga dan tetangga saja," ujarnya.

Irvan berharap harga buah duku kembali normal di angka Rp.8.000 per kilogram. Sehingga para petani semangat panen.

"Saya harap harga buah duku ini normal kembali agar kami petani duku ini semangat untuk menjual duku," tambahnya.

Pantauan di pasaran Kota Palembang, buah duku sudah menjamur dengan harga bervariasi. Mulai Rp.5.000 sampai Rp.10.000 per kilogram. oganilirterkini.co.id

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul : Harga Duku Anjlok, Petani Ogan Ilir Biarkan Buah Busuk di Pohon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar