Home

Jumat, 20 Maret 2020

Antisipasi Corona, KPU Ogan Ilir Lantik PPS di Masing-Masing Kecamatan, Komisioner Jemput Bola


INDRALAYA, - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir terpaksa mengubah mekanisme pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan dilangsungkan Minggu (22/3/20) nanti.

Hal tersebut karena surat edaran dari berbagai pihak, yang melarang adanya kegiatan bersifat pemusatan massa lantaran pencegahan penyebaran Virus Corona, atau Covid-19 dari berbagai instansi.

Ketua KPU Kabupaten Ogan Ilir, Massuryati mengatakan bahwa pihaknya telah mendapat edaran dari KPU RI dan KPU Provinsi, untuk tidak melakukan giat bersifat pengumpulan massa saat ini. Maka dari itu, mereka berencana akan melakukan pelantikan PPS yang akan bekerja di Kabupaten Ogan Ilir, per Kecamatan.

"Jadi mereka dilantik di Kecamatan masing-masing, per shift selama sehari itu", ujarnya saat diwawancarai, Kamis (19/3/20).

Selama hari itu, para Komisioner termasuk dirinya akan melantik PPS di tiap-tiap Kecamatan. Yakni dimulai dari pukul 08.00 pagi, Siang jam 11.00 hingga pukul 14.00 WIB sampai terakhir pukul 16.00 WIB.

Strategi itu dinilai efektif karena sekali melantik, para Komisioner disebar ke 5 Kecamatan sekaligus. Sehingga satu hari itu, para PPS yang berjumlah 723 orang akan resmi bertugas serentak.

"Dan juga 1 desa kan 3 orang, pemusatan massanya tidak terlalu besar. Paling banyak itu di Kecamatan Pemulutan ada 25 desa, jadi paling banyak 75 orang", ungkapnya.

Pelantikan tersebut digelar di Aula masing-masing Kantor Kecamatan setempat. Sehingga, tempat peantikan itu strategis dari tempat para PPS bermukim.

"Kita untuk menghindari pemusatan massa terlalu banyak. Karena seperti yang kita ketahui, surat edaran dari KPU dan Pemda setempat menghindari itu untuk menangkal pencegahan Virus Corona", jelasnya.

Para PPS itu akan bekerja selama 8 bulan pasca dilantik. Sebelumnya, mereka telah menjalani proses perekrutan sejak 25 Februari lalu. (Sumber : sripoku.com) @oganilirterkini

https://palembang.tribunnews.com/2020/03/19/antisipasi-corona-kpu-ogan-ilir-lantik-pps-di-masing-masing-kecamatan-komisioner-jemput-bola

Tidak ada komentar:

Posting Komentar