Home

Minggu, 22 Maret 2020

Mulai Besok Siswa PAUD Hingga SMP di Ogan Ilir Belajar di Rumah, Guru Tetap Masuk ke Sekolah


INDRALAYA, - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir akhirnya meliburkan aktivitas di Sekolah ke rumah, mulai Senin (23/3/20) ini hingga Sabtu (4/4/2020) mendatang. Keputusan itu berlaku untuk level PAUD, SD hingga SMP di Ogan Ilir.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir, melalui Kabid SMP Darojad mengatakan, bahwa pihaknya merealisasikan pengalihan aktivitas belajar mengajar menjadi jarak jauh ini, karena beberapa faktor.

Karena dibandingkan Kabupaten/Kota lain di Sumsel yang sudah menerapkan aturan tersebut sejak seminggu lalu, Ogan Ilir tergolong cukup lambat.

"Kita melihat banyak guru dan kepala sekolah yang telah mengirim kita pesan, terkait kekhawatiran Virus Corona itu. Meskipun untuk Kabupaten Ogan Ilir sampai sekarang masih zero, namun pemberitaan saat ini mengkhawatirkan", ujarnya saat dihubungi, Minggu (22/3/20).

Ditambah lagi Keputusan dari Bupati Ogan Ilir, membuat pertimbangan mereka menjadi bulat. Yaitu, mengalihkan aktivitas di sekolah menjadi di rumah.

Pada saat di rumah, para siswa tetap belajar efektif melalui kelas jauh dengan mengerjakan tugas yang diberikan gurunya melalui berbagai media. Seperti melalui Whatsapp, atau kelas maya yang dikembangkan oleh Kemendikbud.

Namun, pihaknya berharap agar para guru dan peserta didik dapat benar-benar mengoptimalkan pembelajaran jarak jauh tersebut. Sebab pada saat para siswa masuk Senin (6/4/20), mereka sudah dihadapkan pada Ujian Sekolah di masing-masing sekolahnya.

"Maka dari itu gurunya tetap masuk sekolah. Mereka menyiapkan materi dan bahan ajar, agar para siswa siap masuk sekolah menghadapi ujian", terangnya.

Selain itu, ia berharap agar para orangtua dapat terus memantau anaknya di rumah saat pembelajaran jarak jauh tersebut.

Sehingga, si anak tadi tetap menerima materi opelajaran meski di rumah, bukannya justru malah liburan.

"Jangan sampai mereka justru keluyuran. Kan pengalihan aktivitas, bukan liburan. Tetap belajar di rumah, dan batasi aktivitas ke luar rumah", jelasnya.

Selain kegiatan belajar mengajar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir juga menginstruksikan agar menunda pelaksanaan kegiatan yang melibatkan orang banyak, seperti Seminar, Bimtek, lomba-lomba pendidikan dan lain-lain.

Hal tersebut untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19, dengan menghindari kerumunan massa. (Sumber : sripoku.com) @oganilirterkini

https://palembang.tribunnews.com/2020/03/22/mulai-besok-siswa-paud-hingga-smp-di-ogan-ilir-belajar-di-rumah-guru-tetap-masuk-ke-sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar