Home

Rabu, 01 April 2020

150 Santri Raudatul Ulum Indralaya Pulang dari Bogor Diperiksa di Posko Satgas Covid-19 Ogan Ilir

Foto : Santri yang pulang dengan menggunakan tiga bus itu harus menjalani pemeriksaan di Posko Siaga Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Ogan Ilir, Selasa (31/3/20)

INDRALAYA, - Sejumlah 150 santri Pondok Pesantren Raudatul Ulum Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Santri yang pulang dengan menggunakan tiga bus itu harus menjalani pemeriksaan di Posko Siaga Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Ogan Ilir, Selasa (31/3/20).

Sebab, mereka baru saja pulang dari Pondok Pesantren Raudatul Ulum cabang Bogor, yang merupakan daerah yang diwaspadai wabah Virus Corona itu. Mengendarai 3 bus, sebelum turun mereka disemprot desinfektan oleh petugas. Mereka juga menjalani pemeriksaan suhu tubuh, pencatatan administrasi hingga medis.

Asisten Mudir Bidang Akademik Ponpes RU, Abdul Muhaimin menjelaskan bahwa ke-150 santri ini berasal dari Ponpes cabang mereka, yang terletak di Desa Cibadak, Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor. Mereka mengikuti program Karantina Tahfiz Al-Quran, selama 6 bulan.

"Hari ini kita pulangkan, mengikuti arahan Pemerintah yang melalui BNPB, memperpanjang masa darurat terkait Covid-19", ujarnya.

Ia mengatakan, sebenarnya para santri itu telah menjalani karantina lokal di Pesantren yang ada di Cibadak itu. Mereka dikarantina sejak 16 Maret, hingga 29 Maret kemarin.

"Setelah Pemerintah memberikan arahan, saat itu kita telah memberlakukan karantina lokal di pesantren. Santri dan para guru tidak diizinkan keluar. Begitupun keluarga bisa masuk. Kita berlakukan di Cibadak dan Sakatiga Indralaya ini", tegasnya.

Dari hasil pemeriksaan para santri yang pulang dari Cibadak tadi, ada setidaknya 6 orang yang masuk dalam status Orang Dalam Pantauan (ODP). Dimana 2 diantaranya, merupakan santri yang berasal dari Ogan Ilir.

"Setelah dilakukan pemeriksaan, ada indikasi demam dan batuk. Oleh karena itu mereka masuk dalam 2 ODP", terangnya.

Sementara itu, Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam mengatakan bahwa pihaknya mengantisipasi penularan Virus Covid-19, yang ada di Kabupaten Ogan Ilir.

Untuk itulah mereka memeriksa para santri dan pendampingnya dari Pondok Pesantren Raudatul Ulum yang baru pulang dari Bogor tersebut.

"Sudah kita periksa, mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa", ujarnya. (Sumber : tribunsumsel.com) @oganilirterkini

https://sumsel.tribunnews.com/2020/03/31/150-santri-raudatul-ulum-indralaya-pulang-dari-bogor-diperiksa-di-posko-satgas-covid-19-ogan-ilir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar