Home

Minggu, 03 Mei 2020

Bawaslu Sumsel Angkat Bicara Terkait Viralnya Foto Bupati Ogan Ilir di Kemasan Beras Bantuan Sosial


PALEMBANG, - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan memberikan reaksi terhadap viralnya foto Bupati Ogan Ilir di kemasan beras bantuan sosial Covid-19.

Komisioner Bawaslu Sumsel Koordinator Divisi Pencegahan A Junaidi, Jumat (1/5/20) mengatakan, meski pemungutan suara Pilkada 2020 sudah disepakati dilaksanakan pada 9 Desember, namun jajarannya tetap melakukan pengawasan selama masa penundaan.

Bawaslu Sumsel tetap mengawasi balon beserta Pilkada yang ada, khususnya para petahana yang saat ini menjabat dan akan maju kembali.

"Tidak ada persolan terkait para Bupati memberikan bantuan sosial kepada masyarakat, hanya saja bantuan yang diberikan jangan ada embel- embel politik", kata Junaidi, menyikapi bantuan beras yang bergambar Bupati Ogan Ilir H.M Ilyas Panji Alam kepada masyarakat Ogan Ilir baru-baru ini.

Junaidi mengimbau kepada kandidat, khususnya petahana tidak melakukan politik praktis, dengan mempolitisasi bantuan-bantuan yang sifatnya sosial di tengah pandemik Covid- 2019 di Sumsel, sekalipun tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pikada) ditunda untuk sementara.

"Jadi, jika ada kepentingan dengan bantuan yang diberikan, pola seperti itu cenderung mengarah pada kampanye terselubung, dan patut diduga mencuri start kampanye", tandasnya.

Salah satu upaya pencegahan yang dilakukan Bawaslu saat ini, adalah dengan menyampaikan surat imbauan kepada kepala daerah yang berpedoman pada surat edaran Bawaslu RI Nomor : 0266/K.BAWASLU/PM.00.00/04/2020 tentang Pencegahan Tindakan Pelanggaran, yang dikeluarkan pada 30 April lalu.

Di pasal 71, ayat (1) menjelaskan pejabat daerah, pejabat ASN, anggota TNI/Polri dan Kades atau Lurah dilarang membuat keputusan/tindakan yang mengantungkan atau merugikan salah satu Paslon.

Kemudian di ayat (3), Gubernur/Wagub, Bupati/Wabup, Wako/Wawako dilarang menggunakan kewenangan, program dan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salah satu Paslon, baik di daerah sendiri maupun di daerah lain.

"Kita sudah meminta Bawaslu Ogan Ilir, untuk mengirim surat ke Bupati sebagai bentuk pencegahan", pungkasnya. (Sumber : tribunsumsel.com) @oganilirterkini

Link sumber :
https://sumsel.tribunnews.com/2020/05/01/viral-foto-bupati-oi-di-kemasan-beras-bawaslu-sumsel-jangan-ada-embel-embel-politik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar