Home

Kamis, 07 Mei 2020

Video Orang Dimandikan Dengan Selang Viral di Medsos, Ini Kata RSUD OI

Foto : screenshot di video yang viral di media sosial

OGAN ILIR, - Sebuah video amatir viral di media sosial di Kabupaten Ogan Ilir. Dimana dalam video berdurasi 2 menit tersebut, nampak seseorang sedang dimandikan menggunakan selang dan diduga dalam keadaan tidak sadarkan diri.

Dalam video tersebut menyebutkan jika seseorang itu merupakan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang sebelumnya membuat geger warga di Desa Tebing Gerinting Kecamatan Indralaya Selatan karena tiba-tiba terkapar di pinggir.

Dilansir dari palembang.tribunnews.com, Direktur Utama RSUD Ogan Ilir dr. Roretta Arta membantah jika pihaknya mengusir pasien tersebut. Ia mengatakan, pihaknya mau merujuk pasien ODGJ tersebut ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di Palembang sehingga harus memandikannya terlebih dahulu.

"Tidak ada pengusiran, pasien mau kita rujuk ke Rumah Sakit Jiwa di Palembang. Karena tidak ada identitas, maka kita menggandeng Dinas Sosial Ogan Ilir", ujarnya, Kamis (7/5/20).

Perkara dimandikan, ia mengakui jika yang memandikan itu adalah petugas dari RSUD Ogan Ilir bersama petugas dari Dinas Sosial Ogan Ilir. Karena ODGJ, maka pasien yang bersangkutan sulit diajak berkomunikasi.

Pihaknya juga menyayangkan oknum yang menuding pihaknya memulangkan paksa pasien tersebut. Pihaknya justru ingin membawa ke RSJ di Palembang, untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat bagi ODGJ tersebut.

"Jadi orang pelesetkan mau keluar paksa, ga lah. Pasien kan harus dimandikan dulu. Sekarang masih di rumah sakit, masih baik-baik kok. (Rencana mau dibawa ke RSJ) dalam waktu dekat", tegasnya.

ODGJ tersebut yang buat warga Desa Tebing Gerinting Kecamatan Indralaya Selatan Ogan Ilir panik, Senin (4/5/20) kemarin. Sebab, ia tiba-tiba terkapar di dekat Jalan Lintas Timur di Desa tersebut.

Warga ketakutan karena isu Covid-19 saat ini tengah santer jadi perbincangan masyarakat. Ketakutan itu ditambah lagi karena ada petugas medis yang menjemputnya, menggunakan seragam Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

dr. Roretta juga menjelaskan bahwa ODGJ itu kondisi kesehatannya cukup baik. Hasil laboratorium menunjukkan jika ia tidak terpapar Covid-19.

"Semua bagus, fisik bagus, hasil labor, rontgen juga bagus. Kalau ga ada identitas kan kita harus berkaitan dengan Dinas Sosial", jelasnya. @oganilirterkini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar