Home

Minggu, 14 Juni 2020

Pasien Covid-19 di Ogan Ilir Pulang Naik Travel, Masyarakat Cemas


OGAN ILIR, - Kejadian pahit menimpa seorang warga Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Ogan Ilir.

Awalnya ia dijemput oleh petugas menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap bak pasien diduga Covid-19, beberapa hari menjelang Hari Raya Idul Fitri beberapa waktu lalu.

Mirisnya, ia pun akhirnya dipulangkan oleh pihak RS tersebut tanpa keterangan.

Bahkan, ia sampai harus naik kendaraan umum atau angkot menuju rumahnya, karena tidak diantar oleh petugas Rumah Sakit atau diberi ongkos untuk pulang.

"Benar, pasien tersebut pulang pada hari Jumat (12/6/20) sore dari RS tersebut", ujar Kepala Puskesmas Tanjung Raja, Nelly saat dikonfirmasi, Minggu (14/6/20).

Ia mengatakan, pihaknya terkejut setelah mendapat laporan jika pasien tersebut pulang sendiri ke rumahnya menggunakan travel.

Sebab jika ada pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 hendak pulang, pihaknya tentu akan dihubungi.

"Jadi kami dapat laporan dari Lurah, apakah dia ini sudah dinyatakan sehat atau justru minggat, masyarakat jadi resah karena yang bersangkutan pulang sendiri", ucapnya.

Ia menerangkan, pasien laki-laki tersebut awalnya memang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Hal tersebut didapat dari hasil SWAB yang bersangkutan, yang menyatakan positif.

"Itulah kenapa ia dijemput beberapa waktu lalu. Dia didapat dari hasil tracking kasus terkonfirmasi positif di Kecamatan Sungai Pinang, bersama tetangganya", tambahnya.

Namun setelah menjalani perawatan sampai Jumat (12/6/20) lalu, ia dipulangkan tanpa keterangan dari RSUD di Palembang. Ia juga pulang sendiri naik travel ke rumahnya, di Kecamatan Tanjung Raja.

"Wajar jika masyarakat resah, mereka melapor. Tapi kita sudah memberi imbauan kepada masyarakat untuk tidak panik, sembari meminta pasien tersebut untuk isolasi. Kita juga telah mengirimkan surat kepada instansi terkait, untuk meminta penjelasan apakah ia dinyatakan sembuh atau belum", jelasnya.

Terpisah saat dikonfirmasi, Asisten 1 Pemkab Ogan Ilir Rahman Rosidi membenarkan adanya kejadian tersebut.

Pihaknya kini tengan meminta penjelasan dari RSUD yang ada di Kota Palembang itu, terkait dengan pemulangan pasien tanpa keterangan itu.

"Dengan seizin Bupati, pihak kita melalui Dinas Kesehatan Ogan Ilir tentu akan melakukan klarifikasi atau meminta penjelasan kepada pihak RSUD terlebih dahulu apa sebenarnya yang terjadi, kenapa pasien dimaksud pulang tanpa status dan tanpa pemberitahuan ke pihak Gugus Tugas Covid-19 Ogan Ilir serta tanpa dilengkapi surat keterangan sehat Covid-19", ujarnya.

Selagi menunggu penjelasan, pihaknya meminta kepada pasien tersebut untuk tetap melakukan isolasi mandiri di rumahnya terlebih dahulu, dan menerapkan protokoler kesehatan. Ia juga memerintahkan kepada Gugus Tugas Covid-19 di Kecamatan Tanjung Raja, untuk dapat memberikan penjelasan kepada pasien tersebut.

"Sementara, pihak Pemerintah Daerah meminta klarifikasi dari Rumah Sakit yang bersangkutan. Dan juga kepada masyarakat sekitar agar tenang dan memberikan dukungan moril kepada keluarga yang bersangkutan", jelasnya. (Sumber : tribunsumsel.com) @oganilirterkini

Link sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar