Home

Selasa, 26 Januari 2021

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol KaPal Betung

OGAN ILIR, - Presiden RI Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Kayuagung-Palembang-Betung (Kapal Betung) ruas Kayuagung-Palembang sepanjang 42,5 kilometer di pintu Tol Kramasan Kabupaten Ogan Ilir.

Menurut Jokowi, jalan tol ini merupakan poros terpenting dari Tol Trans Sumatera. Dimana dengan beroperasinya tol ini maka jarak tempuh Palembang ke Pelabuhan Bakauheni sepanjang 373 km waktu tempuhnya dapat dipangkas hingga 75 persen.

"Biasanya ditempuh 12 jam perjalanan darat. Sekarang hanya perlu waktu 3 sampai 3,5 jam. Ini sebuah lompatan besar karena menghemat waktu hingga 75 persen," katanya, Selasa (26/1/21).

Hal ini, tentu akan berdampak pada penurunan biaya logistik dan memberikan kompetitif daya saing yang besar bagi Palembang dan Lampung. Sebab jalan tol ini juga untuk membangkitkan perekonomian khususnya di Sumsel.

"Jalan ini dapat menumbuhkan pusat-pusat ekonomi baru, dan simpul-simpul ekonomi produktif," katanya.

Maka dari itu, dirinya meminta kepada kepala daerah di Sumsel agar dapat menghubungkan jalan tol ini ke sentra ekonomi, pariwisata, kawasan ekonomi, pertanian, perkebunan sehingga manfaatnya akan lebih maksimal.

"Pemerintah daerah juga harus agresif menawarkan potensi-potensi yang ada di daerahnya dan menjadikan infrastruktur ini sebagai keunggulan daya tarik ke investor," katanya. @oganilirterkini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar