Home

Minggu, 11 April 2021

Kades Serijabo Ogan Ilir Diberhentikan, Dan Dua Kades Lainnya di Ogan Ilir Juga Diberhentikan, Ada Apa ?

OGAN ILIR, - Pemkab Ogan Ilir memberhentikan Kepala Desa Serijabo, Kecamatan Sungai Pinang bernama Herian.

Posisi Herian pun kini diamanahkan kepada Camat Sungai Pinang, Edi Rahmat sebagai Penjabat Kepala Desa Serijabo.

Video : Pisah sambut Kepala Desa Serijabo, Herian
dengan masyarakat Desa Serijabo

Dengan diberhentikannya Herian ini, maka menggugurkan keputusan Bupati Ogan Ilir sebelumnya, Ilyas Panji Alam yang menunjuk Herian melalui Surat Keputusan Nomor 322/KEP/BPMPD/VII/2018.

Proses serah terima jabatan pada Selasa (6/4/21) lalu itu ini berlangsung haru saat sejumlah warga satu-persatu memeluk Herian sambil berurai air mata.

Begitu juga Herian, ia tak kuasa membendung air mata. Video momen perpisahan dengan warga Desa Serijabo itu dibagikan Herian melalui akun Facebook miliknya.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Warga Serijabo yang saya cintai, saat ini saya resmi diberhentikan sebagai Kepala Desa Serijabo. Saya ikhlas menerima semua ini, terima kasih atas dukungannya selama ini. Saya beserta keluarga mohon maaf apabila dalam empat tahun kepemimpinan saya, ada hal-hal yang kurang berkenan. Sekaligus dalam kesempatan ini saya mohon pamit. Semoga kita semua sehat selalu. Amin," ucap Herian pada keterangan video perpisahan usai sertijab di laman Facebook miliknya.

Saat ditanya perihal pemberhentiannya sebagai Kepala Desa, Herian mengaku tak alasannyo dan ia tak ngin berkomentar terlalu jauh.

Ia mengungkapkan, setelah tidak menjabat Kades lagi, ia akan bermuhasabah dan menenangkan diri.

"Atas dasar apa saya diberhentikan? Saya tidak tahu, inilah yang jadi pertanyaan," kata Herian dihubungi terpisah.

Selain jabatan Kepala Desa, Herian juga harus menanggalkan jabatan sebagai Ketua Forum Kades Kabupaten Ogan Ilir.

"Jabatan sebagai Ketua Forum Kades akan saya serahkan kepada anggota pengurus lainnya yang akan mengadakan rapat soal ini," ujar Herian.

Camat Sungai Pinang, Edi Rahmat mengaku sangat salut pada Herian. Ia bahkan menyebut Herian sebagai salah satu kades terbaik di Ogan Ilir.

"Beliau (Herian) merupakan satu dari 227 kades terbaik di Ogan Ilir. Buktinya, beliau dipercaya sebagai Ketua Forum Kades," kata Edi.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Ogan Ilir, Trisnopilhaq mengatakan, pemberhentian Herian sebagai kepala desa setelah melalui kajian hukum oleh Inspektorat.

"Atas dasar kajian hukum itulah, Dinas PMD menjalankan prosedur aspek hukumnya," kata Trisnopilhaq.

Selain Kepala Desa Serijabo, ada dua kades lainnya di Ogan Ilir yang juga diberhentikan, yakni Kepala Desa Sunur di Kecamatan Rambang Kuang dan Kepala Desa Sukapindah di Kecamatan Tanjung Raja.

"Dua kades lainnya diberhentikan karena ada faktor berbeda. Semua berdasarkan kajian hukum oleh Inspektorat," terang Trisnopilhaq. @oganilirterkini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar