Home

Kamis, 20 Januari 2022

Pemerintah Akan Bangun Dua Rumah Roboh di Ogan Ilir

Kepala Dinas PU Perkim Ogan Ilir, Yusriani Emiyati

OGAN ILIR, - Dinas PU Perkim Kabupaten Ogan Ilir, akan bantu bangun dua rumah warga yang roboh alias ambruk. Yakni milik Amir di Desa Aurstanding Kecamatan Pemulutan. Dan milik Darman, lansia di Desa Palu Kecamatan Pemulutan.

Saat ini PU Perkim sedang melakukan verifikasi lahan untuk menindak lanjuti hal tersebut.

"Dari dinas kita sudah ke lapangan. Meninjau serta melakukan verifikasi lahan. Ketika semua persyaratan sudah lengkap, baru kita proses. Dan dilakukan program bedah rumah," terang Kepala Dinas PU Perkim Ogan Ilir, Yusriani Emiyati, Rabu (19/1/22).

Ada dua unit rumah lainnya juga dalam proses verifikasi untuk dilakukan bedah rumah. Kedua rumah tersebut berada di Desa Tambang Rambang Kecamatan Rambang Kuang, milik Sakroni, yang ambruk akibat banjir. Dan di Desa Tanjung Raja, Kecamatan Tanjung Raja.

"Untuk tahun 2022 ini kita mengganggarkan program bedah rumah. Sebanyak 22 unit rumah. Untuk ukuran rumahnya, tipe 45 dengan 2 kamar tidur. Itu sesuai ketentuan dari kementerian PUPR," tambah Emi.

"Anggaran perubahan nanti kemungkinan akan bertambah. Juga kita mengajukan kuota sebanyak 100 unit pada Bantuan Gubernur (Bangub)," terangnya.

Adapun persyaratan untuk mendapatkan bantuan bedah rumah dari dinas PU Perkim ini. Persyaratan khususnya kerusakan rumah harus disebabkan oleh alam. Kemudian, untuk masyarakat tak mampu.

Selain itu, lahan harus milik sendiri. Dan harus merupakan warga OI dibuktikan dengan KTP. Ditambah keterangan kepala desa juga camat.

"Adapun bagi warga menumpang tinggal ketika mengalami kerusakan akibat alam. Cuma dibantu uang sewa selama 3 bulan," terangnya.

Dikatakannya, untuk teknis bantuannya nanti setelah lolos verifikasi. Akan diberikan proses pembangunan sepenuhnya kepada pihak korban.

"Namun tetap harus disertakan bentuk fisik bangunannya setelah selesai," terangnya. oganilirterkini.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar