Home

Sabtu, 30 Juli 2022

Bupati Ogan Ilir Pastikan Seleksi Bacalon Kades Berlangsung Transparan dan Akuntabel

PALEMBANG, - Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar memastikan seleksi Bakal Calon Kepala Desa (Cakades), berlangsung transparan, objektif dan akuntabel serta dapat dipertanggung jawabkan.

Hal tersebut diungkapkan Panca usai meninjau langsung seleksi Bacakdes yang dilaksanakan di Gedung Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi (Balitek), Universitas Sriwijaya Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Unsri Palembang, Sabtu (30/7/22).

"Ya, kita gandeng Balitek Unsri untuk menseleksi Bacakades. Saya pastikan seleksi ini transparan, akuntabel dan objektif. Jadi para bacakades harus serius mengikuti seleksi ini," ungkapnya.

Panca menjelaskan, Bacakades yang akan mengikuti seleksi tersebut merupakan desa yang memiliki lebih dari lima calon kepala desa dan pemilihan kades sendiri akan dilakukan serentak di Ogan Ilir pada 15 Oktober mendatang.

"Ada 93 Bacakades yang ikut selesi dan ini  sebagai syarat yang ditetapkan bagi desa yang memiliki lima bakal calon kepala desa sebelum ditetapkan sebagai calon kades," katanya.

Panca juga berpesan, para Bacakades yang tidak lolos untuk tidak berkecil hati dan yang lolos seleksi harus mempersiapkan diri untuk tahapan selanjutnya.

"Baik yang lolos atau tidak lolos tetap menjaga kondusifitas dan desanya masing-masing dan bersama sama mensukseskan Pilkades serentak di Ogan Ilir," bebernya.

Kepala Balitek Unsri Prof Alfitri menerangkan, penilaian peserta menggambungkan dua komposisi penilaian yakni portofolio terdiri dari beberapa unsur yakni tingkat pendidikan, pengalaman kerja dan ditambah hasil tes hari ini sebanyak 100 soal.

"Penggabungan kedua kelompok akan menghasilkan total nial yang akan diperingkatkan. Kades yang memiliki nilai terendah tentu akan terleliminasi," ujarnya.

Disinggung materi soal, Alfitri menjelaskan ada empat materi soal meliputi pengetahuan pancasila  dan UUD, pemerintajan, pengetahuan umum dan pengetahuan lokal.

"Kami berharap dengan soal ini dapat menjaring kemampuan bakal calon kepala desa dan paham ketika nanti jika terpilih menjadi kades. Materi soal disusun oleh tim yang sangat pengalaman dan disesuaikan oleh para peserta.  Sebarannya ada 60 soal mudah, 25 soal sedang dan dan ada 15 soal sulit," pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pimpinan Balitek Unsri Prof. Dr. Alfitri, M.Si, Dandim 0402 OKI / OI Letkol Inf. Hendra Saputra, Kapolres Ogan Ilir AKBP Andi Baso Rahman, Kadin PMD Provinsi Sumsel, Kadin PMD Ogan Ilir Akhmad Lutfi dan undangan. oganilirterkini.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar