Home

Sabtu, 27 Mei 2023

4 Hektar Lahan Terbakar di Sungai Rambutan Indralaya Utara Ogan Ilir

Kebakaran lahan terjadi pada wilayah hukum Polsek Indralaya, Polres Kabupaten Ogan Ilir. Sebanyak lebih kurang 4 hektar lahan di Sungai Rambutan Kecamatan Indralaya Utara terbakar

OGAN ILIR, - Kebakaran lahan terjadi pada wilayah hukum Polsek Indralaya. Sebanyak lebih kurang 4 hektar lahan di Sungai Rambutan Kecamatan Indralaya Utara Ogan Ilir terbakar.

Menurut Kapolsek Indralaya, AKP Herman Romlie pada Rabu 24 Mei 2023 sekira pukul 15.20 WIB.

Dari informasi telah terjadi kebakaran hutan dan lahan di Desa Sungai Rambutan Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir.

Atas informasi terjadinya Karhutla, kemudian personel Polsek Indralaya yang dipimpin Kapolsek Indralaya AKP Herman, langsung mendatangi lokasi guna melakukan upaya pemadaman.

"Lokasi terjadinya karhutlah yaitu pada Desa Sungai Rambutan, dengan spesifikasi; koordinat 3.12371, 104.6804, Luas Lahan, ±4 Ha," papar Kapolsek, Kamis 25 Mei 2023.

"Vegetasi Semak /hutan gelam, jenis tanah mineral, dan status lahan APL (belum diketahui red)," sambung Kapolsek AKP Herman.

Untuk tindak lanjut katanya, langsung lakukan upaya pemadaman dengan menggunakan peralatan Damkar, berupa mobil tangki air.

Lalu mesin pompa dengan memakai selang oleh personel Polsek Indralaya, bersama Tim BPBD Ogan Ilir dan Tim Manggala Agni.

"Kegiatan pemadaman selesai sekira pukul.17.00 Wib hingga api berhasil padam, tanpa adanya kerugian materil maupun korban jiwa saat upaya pemadaman, dilakukan hingga kegiatan selesai," tukasnya.

Sementara itu PLT Kalaksa BPBD Kabupaten Ogan Ilir, Edo Rahmat membenarkan adanya kebakaran lahan di Sungai Rambutan Kecamatan Indralaya Utara.

"Yang terbakar 3 hektar, satu hektar berhasil kita padamkan jadi total ada 4 hektar," ujarnya.

Selama lebih kurang 5 bulan kata Edi, ada sebanyak 13,5 hektar lahan terbakar pada beberapa titik wilayah Kabupaten Ogan Ilir.

"Yang mendominasi daerah Kecamatan Indralaya. Dan Pemulutan yang memang sudah prediksi langganan Karhutlah," ungkapnya.

Untuk anggotanya, jika terjadi kebakaran lahan pihaknya menyiapkan satu tim, sebanyak 12 orang dengan terbantu dari TNI, Polri, Tahanan, dan pihak lainnya.

"Kita juga memiliki anggota pada tiap Kecamatan, jika perlu maka siap untuk membantu memadamkan Karhutlah," tukasnya. oganilirterkini.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar