Home

Minggu, 17 September 2023

Dampak Karhutla, Kualitas Udara di Ogan Ilir Tidak Sehat

Kabut asap menyelimuti Ogan Ilir, Kualitas udara tidak sehat. (Sumber : oganilir.co)

OGAN ILIR, - Beberapa hari belakangan ini kabut asap yang diduga berasal dari Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sempat menyelimuti wilayah Kabupaten Ogan Ilir, khususnya saat menjelang  sumbuh hingga pagi hari.

Akibat kabut asap tersebut, aktivitas warga yang akan pergi bekerja maupun siswa pergi ke sekolah sempat terganggu, karena selain mata menjadi perih, juga bisa membahayakan lalu lintas kendaraan, karena jarak pandang menjadi terbatas.

Lebih parah lagi, dua hari ini beredar secara berantai melalui Whatshapp dari sumber IQAir menyebutkan bahwa rangking kota paling berpolusi di Indonesia, Indralaya Sumatera Selatan di urutan pertama, menyusul Serpong Jawa Barat, Pasarkemis Jawa Barat, Kota Depok Jawa Barat, South Tangerang Banten, dan Serang Provinsi Banten.

Plt Dinas Lingkungan Hidup (LH) Pemkab Ogan Ilir melalui Bagian Pengendalian Dampak Lingkungan Kurnia ST menyebutkan berdasarkan AQMS Ogan Ilir yang terintergrasi dengan KLHK pada aplikasi ISPUnet pada 14 September 2023 pukul 07.00 Wib kualitas udara di Ogan Ilir dinyatakan tidak sehat dengan angka 126/PM2.5.

"Namun bila dilihat dari aplikasi tersebut bisa berubah, kalau udara kita membaik, artinya tidak seharian kondisi udara tidak baik, bisa berubah," katanya.

Meski demikian kata Kurnia, pihaknya menghimbau kepada semua lapisan masyarakat untuk mengurangi aktivitas diluar rumah atau diluar ruangan dan memperbanyak air minum putih.

"Sedangkan untuk siswa sekolah yang akan pergi proses belajar kesekolah, kami akan berkoordinasi dengan Disdik, namun langkah awal gunakan masker saat pergi ke sekolah," pintanya.

Sementara pantauan media selama ini, hujan belum juga mengguyuri Bumi Caram Seguguk. Justru kondisi panas teris matahari hampir setiap hari mewarnainya, begitu Karhutla terjadi setiap harinya bahkan hingga malam hari.

Diduga munculnya Kabut tersebut akibat dampak dari Karhutla yang berlangsung setiap harinya, hingga Satgas Karhutla harus berjibaku melakukan upaya pemadaman pada setiap terjadi Karhutla. oganilirterkini.co.id

Artikel ini telah tayang di oganilir.co dengan judul : Kualitas Udara di Ogan Ilir Sudah Tidak Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar