Home

Minggu, 22 Oktober 2023

Dalam Rangka Penyelenggaraan Pemilu 2024, Polres Ogan Ilir Gelar Operasi Mantap Brata

Mapolres Ogan Ilir. (Sumber : tribunsumsel.com)

OGAN ILIR, - Dikutip dari situs tribunsumsel.com , Polri mulai menggelar Operasi Mantap Brata guna mengamankan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 secara serentak di seluruh Indonesia.

Operasi Mantap Brata, termasuk di wilayah hukum Polres Ogan Ilir, Polda Sumatera Selatan, dilaksanakan selama tahapan inti Pemilu mulai 2023 hingga 2024 mendatang.

Kapolres Ogan Ilir AKBP H Andi Baso Rahman menerangkan, Operasi Mantap Brata bertujuan mengamankan rangkaian Pemilu dan Pilkada serentak pada 2024.

"Para personel bertanggung jawab menjaga keamanan selama tahapan Pemilu. Mulai dari proses kampanye, pemungutan suara, penghitungan suara, dan tahapan-tahapan lainnya," kata Andi di Mapolres Ogan Ilir, Indralaya, Sabtu (21/10/2023).

Pada pelaksanaan Operasi Mantap Brata, sebanyak 370 personel Polres Ogan Ilir dikerahkan dan jumlah ini bisa saja bertambah tergantung situasi serta kondisi di lapangan.

"Polres Ogan Ilir beserta Polsek jajaran dan Brimob Polda Sumatera Selatan mengantisipasi segala potensi konfik yang terjadi pada setiap tahapan pemilu,” jelas Andi.

Polres Ogan Ilir juga bekerja sama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memastikan kelancaran dan keamanan Pemilu 2024.

Kemudian juga ada Tim Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) terdiri dari kepolisian, kejaksaan dan Bawaslu.

"Tiga unsur ini bersinergi melakukan pencegahan dan penindakan apabila terjadi pelanggaran pada Pemilu," terang mantan Kasubbid Provos Bid Propam Polda Sumatera Selatan ini.

Tak lupa, peran serta seluruh elemen masyarakat di Ogan Ilir diperlukan dalam menyukseskan Pemilu 2024.

"Ogan Ilir sejauh ini cukup kondusif. Namun kegiatan mitigasi terus dilakukan untuk mengantisipasi segala kemungkinan potensi konflik," kata Andi. oganilirterkini.co.id

Artikel ini telah tayang di tribunsumsel.com dengan judul : Apa Itu Operasi Mantap Brata Polri 2023-2024, Ini Dia Penjelasan Kapolres Ogan Ilir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar