Home

Sabtu, 16 Mei 2020

16 Orang Masih Satu Keluarga di Ogan Ilir Positif Corona, Sempat Tolak Evakuasi Sampai Acungkan Arit


OGAN ILIR, - Keluarga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 menolak untuk diisolasi ke RSUD Kabupaten Ogan Ilir. Penolakan saat evakuasi itu terjadi di sebuah Desa di Kabupaten Ogan Ilir, Jumat (15/5/20).

Warga Desa yang masih ada hubungan kekerabatan itu, menolak saat hendak keluarga mereka akan dibawa ke RSUD Ogan Ilir. Padahal pasien positif Corona itu akan diberikan tindakan medis.

Ada 16 orang yang akan dievakuasi.  Semalam sudah lima orang dan siang ini delapan orang. Tersisa tiga orang lagi yang belum dievakuasi. Bahkan ada oknum mengacungkan senjata tajam sejenis Arit agar keluarganya itu tidak dibawa oleh petugas kesehatan.

Sebelumnya, kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten Ogan Ilir melonjak menjadi 26 kasus, Kamis (14/5/20). Padahal sehari sebelumnya, jumlah kasus terkonfirmasi positif hanya 9 orang saja.

Kasus positif tersebut melonjak drastis usai dilakukan tracking dan tes SWAB kepada keluarga pasien terkonfirmasi positif terdahulu. Hingga didapatlah hasil positif tersebut, yang mayoritas masih merupakan keluarga pasien terdahulu tadi.

Sempat emosi hingga mengacungkan senjata tajam, akhirnya pada Jumat (15/5/20), hanya 5 orang yang bisa dievakuasi di Desa tersebut. Sisanya, dievakuasi pada waktu selanjutnya.

"Alhamdulilah, barusan 8 orang sudah kita evakuasi. Semalam (Kamis malam) baru 5, sekarang nambah lagi yang bisa dievakuasi", ujar Camat Sungai Pinang, Edi Rahmat Jumat (15/5/20).

Edi menjelaskan, banyak faktor yang menyebabkan terjadinya penolakan tersebut. Mulai dari faktor malu, hingga ketakutan jika tak mendapat perlakuan layak saat diisolasi.

"Mungkin masalah pusing bagaimana kalau rumah ditinggalkan. Kemudian keluarga, masalah malu. Makanya tadi kita terus beri pengertian", ucapnya.

Pihaknya terus memberikan pengertian secara persuasif kepada keluarga yang positif terpapar Covid-19 itu, agar mau dievakuasi. Pihaknya menjamin mereka mendapat perlakuan yang layak dan optimal agar mereka dapat sembuh dari virus tersebut.

"Mereka akan diberikan pelayanan yang baik. Pengobatan yang baik maksimal. Tapi beberapa tadi belum bersedia, mau melihat hasil SWAB. Namun beberapa keluarganya mau setelah diberi keyakinan", ungkapnya.

Ia bahkan memerintahkan kepada Perangkat Desa setempat sampai ke lingkungan RT, agar melakukan operasi senyap.

Dalam artian, masyarakat sekitar untuk tidak keluar rumah dan beraktivitas seolah tidak terjadi apa-apa sehingga keluarga tadi tidak merasa malu.

"Dan Alhamdulillah, 8 orang tadi langsung masuk ke Ambulans saat mobil datang. Walaupun ada beberapa yang belum ikut, kita tetap berikan pemahaman", tegasnya.

Terlepas dari hal itu, pihaknya telah menginstruksikan agar keluarga yang ditinggalkan tadi mendapat bantuan yang layak pasca ditinggal oleh keluarga yang positif terpapar.

Sehingga yang diisolasi tidak merasa gelisah meninggalkan keluarga, dan fokus untuk penyembuhan.

"Kalau memang dievakuasi seluruhnya nanti kan mereka bisa sembuh semua saat diisolasi. Mudah-mudahan, jadi kecamatan kita bisa bebas dari virus ini", jelasnya. (Sumber : tribunsumsel.com) @oganilirterkini

Link sumber :

1 komentar:

  1. Semoga lekas membaik, sembuh seperti sebelumnya, bisa beraktifitas kembali...

    BalasHapus