Home

Selasa, 05 Mei 2020

Memasuki Musim Kemarau, Ogan Ilir Naikkan Status Siaga Karhutlah, BPBD Siapkan 2 Pleton Khusus

(sripoku.com)

OGAN ILIR, - Kabupaten Ogan Ilir mulai menaikkan status siaga karhutlah. Hal tersebut karena sebentar lagi akan memasuki musim kemarau.

Karenanya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Ilir menyiapkan 2 pleton untuk mengantisipasi hal tersebut.

Personel yang totalnya berjumlah 30 orang itu, di luar personel yang ditugaskan untuk penanggulangan wabah Covid-19.

"Jadi, pleton inilah yang akan berjibaku menghadapi Karhutlah nanti", ujarnya saat diwawancarai, Selasa (5/5/20).

Ia mengatakan, jumlah personel BPBD Ogan Ilir secara keseluruhan berjumlah sekitar 90an orang. Sedangkan yang diperbantukan untuk wabah Covid-19, sekitar 60 orang.

"Yang 60 orang disebar ke 12 titik yang ada di Ogan Ilir. Karena tak seluruhnya tercover, kita minta bantuan ke Tagana. Sebab kalau diturunkan semua untuk fokus ke Covid-19, tak cukup untuk menanggulangi Karhutlah", ucapnya.

Apalagi berkaca dari tahun lalu, hotspot di Karhutlah tak bisa dianggap remeh. Meskipun tak sebanyak Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), kejadian Karhutlah di Bumi Caram Seguguk yang berbatasan dengan Palembang langsung juga tetap menjadi perhatian.

Di sisi lain, pihaknya juga mendapat alokasi dana sebesar Rp.5 Miliar dari APBD Provinsi Sumsel, serta kurang dari Rp.2 Miliar dari APBD Ogan Ilir. Dana itu akan digunakan untuk operasional selama penanggulangan Karhutlah di Ogan Ilir.

"Penggunaannya nanti cukup jelas, karena kita kekurangan armada, seperti tangki, mobilitas seperti double kabin. Sisanya honor-honor petugas yang ada di wilayah Kabupaten Ogan Ilir", jelasnya. (Sumber : sripoku.com) @oganilirterkini

Link sumber :
https://palembang.tribunnews.com/2020/05/05/memasuki-musim-kemarau-ogan-ilir-naikkan-status-siaga-karhutlah-bpbd-siapkan-2-pleton-khusus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar