Home

Minggu, 26 Juli 2020

Di Ambang Musim Kemarau, Masyarakat Diingatkan Stop Bakar Lahan


OGAN ILIR, - Cuaca panas dan kondisi seperti menjelang kemarau membuat rawan kebakaran hutan dan lahan.

Untuk mengantisipasi hal itu, masyarakat di lokasi Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) 108 Komando Distrik Militer (Kodim) 0402/OKI-OI di Sarang Lang dan Pulau Negara Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir mendapatkan penyuluhan tentang kehutanan dari Satgas TMMD dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ogan Ilir, Jumat (24/7/20).

Dalam materi yang disampaikan oleh Umar Saferi pada kegiatan non fisik ini, masyarakat di Desa setempat juga diajak untuk berhenti membuka lahan dengan cara membakar. Karena, selain merusak lingkungan, asap yang dihasilkan dari pembakaran hutan dan lahan ini dapat menyebabkan bencana asap yang diakibatkan oleh Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Melalui penyuluhan ini, diharapkan masyarakat selain mendapatkan pengetahuan tentang kehutanan juga mendapatkan alternatif terkait cara membuka lahan tanpa harus membakar.

Pasiter Kodim 0402/OKI-OI, Kapten Inf Jauhari menuturkan, kegiatan penyuluhan ini merupakan salah satu rangkaian program non fisik dari TMMD yang dilakukan oleh Satgas TMMD ini.

"Ya jadi giat Satgas TMMD 108 hari ini melaksanakan kegaitan non fisik yaitu penyuluhan kehutanan yg disampiakn oleh Dinas Lingkungan Hidup yang membahas tentang karhutla", katanya.

"Diharapkan, melalui program ini tidak ada lagi masyarakat yang membakar hutan ataupun lahan", pungkasnya. (Sumber : swarnanews.co.id) @oganilirterkini

Link sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar