Home

Sabtu, 10 Oktober 2020

Bawaslu Ogan Ilir Rekomendasikan Diskualifikasi Petahana

OGAN ILIR, - Bawaslu Ogan Ilir dikabarkan telah memutuskan jika calon Bupati petahana Ilyas Panji Alam dan wakilnya Endang PU Ishak telah melakukan pelanggaran.

Bawaslu merekomendasikan kepada KPU OI agar pasangan itu didiskualifikasi. Keputusan Bawaslu OI mendiskualifikasi pasangan calon yang diusung dari PDIP, Golkar, Hanura dan PBB tersebut, berawal dari laporan masyarakat.

Ilyas sebagai Bupati petahana dilaporkan terkait rotasi pejabat dan hal-hal yang menguntungkan Ilyas.

"Informasinya memang Bawaslu OI sudah melakukan rapat pleno pada 5 Oktober lalu, dan hasil plenonya memutuskan ada pelanggaran adminsitrasi, sehingga diputuskan memberikan rekomendasi ke KPU OI untuk pendiskualifikasian paslon," kata Komisioner Bawaslu Sumsel, Syamsul Alwi, Jumat (9/10/20).

Diterangkan Syamsul, hal itu ditangani oleh divisi pelanggaran karena jika dari segi perselisihan atau sengketa, laporan yang ada tidak memenuhi unsur-unsur yang ada.

"Itu ada laporan penanganan pelanggaran, kalau sengketa sudah ditolak karena tidak memenuhi unsur. Informasinya ada laporan dugaan pelanggaran administrasi terkait ada perbuatan yang menguntungkan paslon tertentu ataupun merugikan paslon lain," jelasnya.

Ditambahkan Syamsul, sesuai UU nomor 10 tahun 2016, setelah diproses, diklarifikasi segala macam, karena Bawaslu OI diberikan kewenangan langsung, maka mereka memprosesnya dan dianggap memenuhi unsur pelanggaran, dan hasil rekomendasi sudah diserahkan ke KPU serempat.

"Kalau administrasi outputnya rekomendasi, dan itu sudah diserahkan ke KPU, tinggal KPU untuk memberikan sanksi yang dijatuhkan apa, terserah KPU. Sebab berdasarkan PKPU, KPU bisa melakukan kajian ulang, masih bisa ditolak, diterima atau ditindaklanjuti seperti apa, dan itu kewenangan KPU mutlak," tandasnya.

Menyikapi hal tersebut, ketua KPU Sumsel Kelly Mariana memebanarkan adanta rekomendasi Bawaslu OI tersebut, dan saat ini masih mengkajinya bersama KPU OI.

Dihubungi terpisah, tim Advokasi paslon Ilyas- Endang, Firli Darta yang dimintakan komentar terkait hal tersebut belum mengetahuinya, dan saat ini Ilyas dan Endang fokus berkampanye bertemu ke masyarakat.

"Tidak ada, dan kita belum tahu ada rekomendasi itu. Sampai saat ini kita tetap beraktivitas berkampanye, berkeliling merebut simpati rakyat," tandas Firli. (Sumber : sripoku.com) @oganilirterkini

Link sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar