Home

Rabu, 13 September 2023

Jalinsum Palembang-Indralaya Kembali Diselimuti Kabut Asap, Pemadaman Karhutla Terkendala Air

Situasi arus lalu lintas di jalinsum Palembang-Indralaya di tengah kepulan kabut asap, Rabu (13/9/2023) petang. (Sumber : tribunsumsel.com)

OGAN ILIR, - Kebakaran lahan di wilayah Ogan Ilir, Sumsel kembali menimbulkan kabut asap pekat di jalan lintas Palembang-Indralaya.

Daerah paling terdampak kabut asap di jalinsum ada di wilayah Desa Arisan Jaya Kecamatan Pemulutan Barat dan Desa Sungai Rambutan Kecamatan Indralaya Utara.

Tim Satgas Karhutla terdiri dari TNI, Polri, BPBD dan Manggala Agni berupaya memadamkan api meskipun sumber air mulai sulit ditemukan.

Kalaksa BPBD Ogan Ilir Edi Rahmat menerangkan, sudah ratusan hektar lahan terbakar.

"Data hingga September ini, 380 hektar kebakaran lahan. Memang intensitasnya (kebakaran) akhir-akhir ini semakin tinggi," kata Edi kepada wartawan di Indralaya, Rabu (13/9/2023).

Kata dia, di saat intensitas kebakaran semakin tinggi, sumber air di embung maupun kanal kini mengering.

Embung maupun kanal air sengaja dibuat di sekitar area rawan terbakar seperti di Kecamatan Pemulutan, Pemula Barat dan Indralaya Utara.

"Tapi sekarang air sudah habis. Pemadaman terhambat karena kendaraan Damkar harus keliling dulu cari air," ungkap Edi.

Edi mengungkapkan, dirinya telah memberi saran kepada Tim Satgas Karhutla agar dapat memadamkan kebakaran dengan sumber air dari danau buatan di Indralaya Utara.

Namun persoalan muncul karena akses menuju danau tersebut sangat sulit dilakukan oleh kendaraan roda empat.

Hal tersebut berkaca pada peristiwa kebakaran lahan dekat Tol Palindra sehari sebelumnya.

Edi pun menyarankan guard rail atau besi pembatas jalan tol bisa dibuka, khusus untuk kendaraan pemadam kebakaran.

"Kalau memang bisa diberikan akses, buka pagarnya (besi pembatas jalan di Tol Palindra) itu agar (kendaraan Damkar) bisa turun mengambil air," ucap Edi.

Dikatakannya, air di danau buatan yang berlokasi tak jauh dari Tol Palindra itu sangat melimpah.

"Ada sumber air dekat galian di perbatasan Palem Raya dan Tanjung Seteko itu. Kalau bisa ada akses ke situ biar tidak terlalu jauh," kata Edi. oganilirterkini.co.id

Artikel ini telah tayang di tribunsumsel.com dengan judul : Jalinsum Palembang-Indralaya Kembali Diselimuti Kabut Asap, Pemadaman Karhutla Terkendala Air Habis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar